05 Januari 2020

Ulasan CCTV Yi Dome: Pengaman Rumah Dengan Fitur Lengkap

Ulasan CCTV Yi Dome: Pengaman Rumah Dengan Fitur Lengkap

CCTV Xiaomi Yi Dome ini kurang lebih sudah saya gunakan selama setahun, dan kali ini akan saya ulas mengenai fitur yang ada di dalamnya.

Oh ya, ini adalah opini pribadi dan tidak ada maksud promosi atau bersponsor, jadi akan saya bahas apa adanya.

Kita mulai dari...

Isi box


Isi box pembelian mungkin sama seperti CCTV pada umumnya, hanya terdapat buku panduan, pegangan dinding/bracket, charger dan tentunya unit CCTV.

Bentuk


Saya tidak terlalu mementingkan bentuk dari CCTV ini, karena pada dasarnya saya hanya perlu fungsinya. Namun bisa kita lihat bersama kurang lebih bentuk CCTV ini seperti pada gambar di atas.

Fitur


Untuk dapat menggunakannya, pertama silakan download aplikasi Yi Home lalu nyalakan CCTV, lalu lakukan sinkron antara CCTV dan aplikasi.

Perlu diketahui CCTV ini bukan CCTV statis yang tidak bisa bergerak. Gerakannya sangat sempurna karena bisa bergerak ke samping dengan sudut pandang yang cukup luas, seperti yang terlihat pada gambar di bawah:

Ulasan CCTV Yi Dome: Pengaman Rumah Dengan Fitur Lengkap

Dan tentu saja bisa bergerak dari atas ke bawah (dan sebaliknya):

Ulasan CCTV Yi Dome: Pengaman Rumah Dengan Fitur Lengkap

Gambar GIF diatas adalah hasil dari konversi file MP4, CCTV ini dilengkapi denga slot SD Card sehingga kita bisa merekam dengan hasil video berformat MP4 kualitas HD.

Perhatikan bar kuning pada gambar di bawah:

Ulasan CCTV Yi Dome: Pengaman Rumah Dengan Fitur Lengkap

Bar kuning bagian bawah pada gambar di atas adalah waktu perekaman. Bila ada yang bertanya: mengapa CCTV tidak merekam sepanjang hari? Jawabannya adalah karena saya memang sengaja mengatur agar CCTV merekam saat ada gerakan saja, misalnya: orang lewat, pintu terbuka, sehingga tidak terlalu memakan banyak space SD Card.

CCTV ini dilengkapi pula oleh speaker dan mic sehingga bisa digunakan sebagai telepon atau intercom.

Ulasan CCTV Yi Dome: Pengaman Rumah Dengan Fitur Lengkap

Jadi, jika perlu bicara dengan orang yang ada di depan CCTV, cukup aktifkan mic dan kita langsung bisa berbicara.

Untuk kualitas gambar hasil capture CCTV ini bisa dikatakan okelah, gambar cukup detail untuk memperlihatkan keadaan sekitar CCTV.

Ulasan CCTV Yi Dome: Pengaman Rumah Dengan Fitur Lengkap

Sebenarnya masih banyak fitur lain yang terdapat pada CCTV Yi Dome, seperti: mode malam/infra merah, auto-cruise: di mana CCTV akan bergerak otomatis ke kanan-kiri, posisi invert yang bisa membalikkan gambar jika CCTV dipasang terbalik atau dipasang pada atap. Hanya saja saya hampir tidak pernah menggunakannya.

Kekurangan


Belum puas jika belum membahas kekurangan Yi Dome, bagi saya hanya ada dua kekurangan.

Yang pertama adalah suara speaker tidak terlalu keras.

Yang kedua adalah koneksi tidak auto-connect/up apabila jaringan internet down. Katakanlah internet sedang down, maka status CCTV akan disconnect. Semoga firmware selanjutnya dapat mengatasi masalah ini agar CCTV dapat re-connect saat internet terputus atau down.

Apakah layak untuk dibeli di tahun 2020 ke atas?


Fungsi dasar CCTV bagi saya adalah untuk memantau keadaan, saya rasa karena CCTV dilengkapi dengan fitur yang dapat merekam serta dapat digunakan untuk telepon maka sangat layak untuk dimiliki.

Jika ada pertanyaan lain seputar Xiaomi Yi Dome silakan isi di kolom komentar. Semoga ulasan ini membantu.

Posting Komentar

Whatsapp Button works on Mobile Device only