08 Mei 2019

Karena Loss PASTI, Berapa Banyak Anda Siap Untuk Itu?

Karena Loss PASTI, Berapa Banyak Anda Siap Untuk Itu?

Sudahkah anda menyadari bahwa loss dalam trading itu pasti? Begitu juga dengan profit, semuanya pasti akan terjadi namun kita tidak tahu persis kapan akan terjadi karena distribusi kekalahan dan kemenangan dalam trading tidak merata atau acak.

Tentu, dalam trading saya menganut paham "don't trust anyone" dan saya berharap anda juga menganut paham tersebut karena tak seorang pun yang dapat mengetahui secara pasti ke mana harga akan bergerak, sehingga saya tidak memaksa anda untuk mempercayai statemen di atas. Apalagi saya menggunakan kata PASTI, namun percaya tidak percaya dalam trading anda akan mengalami hal tersebut.

Sekarang, saya yakin anda bisa menerima pernyataan bahwa loss dalam trading itu pasti akan terjadi, tetapi dalam perjalanan karir seorang trader dengan berat hati saya harus jujur mengungkap kenyataan bahwa akan ada kondisi di mana anda mengalami loss beruntun ketika trading. Siapkah anda menerima hal tersebut? 

Loss sekali sudah biasa, trading lagi tidak masalah...

Loss dua kali masih bisa toleransi, trading lagi tidak masalah...

Sampai,

Loss lima kali merasa ini tanda harus berhenti trading, namun muncul sinyal untuk buy/sell...

Katakanlah anda sudah loss lima kali dan ada kesempatan untuk trading lagi karena muncul sinyal untuk buy/sell, tetapi karena sudah terlalu banyak loss akhirnya tidak trading karena takut loss atau percaya akan loss lagi.

Tunggu,

Tidak trading lagi karena percaya loss akan terjadi? Bukankah kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi?

Kecuali, trading plan mengatakan ketika terjadi loss lima kali beruntun mengharuskan trader berhenti trading sampai batas waktu yang ditentukan. Jika tidak ada aturan ini, berarti trader sudah tidak percaya dengan teknik trading dan melanggar trading plan.

Begitulah skenario yang mungkin akan terjadi dalam trading. Maka dari itu, seorang trader harus bisa menghitung berapa banyak kerugian dalam sekali trading, sehingga dapat menghitung berapa banyak kerugian maksimal jika mengalami kerugian beruntun.

Saya sendiri menyarankan maksimal kerugian sekali trading tidak lebih 1% dari balance, sehingga ketika terjadi kerugian beruntun bahkan 10 kali, anda sudah tahu akan kehilangan modal sebesar 10%, tidak lebih.


Sumber gambar:
https://pixabay.com/id/illustrations/grafik-pertumbuhan-kemajuan-diagram-3078546/

Posting Komentar

Whatsapp Button works on Mobile Device only