10 April 2019

Mari Mengenal Prinsip Pareto (80/20)

Mari Mengenal Prinsip Pareto (80/20)

Siapa yang tidak ingin: hanya dengan sedikit usaha mampu menghasilkan hasil yang lebih banyak? Begitulah yang dijelaskan oleh prinsip Pareto. Sebagian menyebutnya dengan hukum Pareto, di mana pemikiran pertama kali diajukan oleh ekonom Italia yang bernama Vilfredo Pareto. Saya sudah tahu prinsip ini sejak lama, tapi hanya sebatas tahu dan kini ingin mengetahuinya lebih jauh.

Dalam implementasinya, prinsip Pareto menggunakan perbandingan 80/20 dan ini bisa diterapkan di semua hal, contohnya:

  • 80% hasil didapatkan dari 20% usaha
  • 80% kekayaan di dunia hanya dimiliki oleh 20% populasi dunia

Terbayang dan tidak masuk akal? Benar sekali.

Sampai saat ini ada beberapa hal yang belum bisa diterima oleh akal sehat saya (atau pikiran saya mainnya kurang jauh). Hanya saja, untuk beberapa kasus saya membenarkan prinsip ini.

Prinsip yang erat kaitannya dengan daya ungkit


Balik lagi ke jaman sekolah, ingatkah teman dengan daya ungkit yang diaplikasikan pada dongkrak mobil atau tuas? Hanya dengan 20% tenaga yang kita miliki maka mampu mengangkan 80% beban mobil. Saya rasa ini adalah bukti nyata penggunaan prinsip Pareto.

Prinsip Pareto = efisiensi serta kerja cerdas


Saya berpikir jika prinsip ini adalah prinsip yang mampu membuat diri lebih efisien ketika melakukan sesuatu. Karena hanya dengan sedikit usaha maka hasil yang didapatkan lebih besar. Namun kita harus melihat realita lagi, untuk bisa bekerja secara efisien saya rasa tentu di awal harus bekerja keras diiringi oleh kerja cerdas. Sehingga begitu sistemnya semua berjalan, kita bisa bekerja secara efisien baik dari tenaga maupun waktu.

Dan bagi saya sendiri, prinsip ini akan saya gunakan ketika trading forex, di mana saya hanya perlu sedikit waktu untuk menganalisa agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Sepertinya sudah cukup. Balik ke awal post, ini hanya sebatas pemikiran pribadi, mari berdiskusi di kolom komentar mengenai prinsip Pareto ini, apakah teman sudah menggunakan prinsip ini di kehidupan nyata?

Sumber gambar:
http://shujinkouron.blogspot.com/2015/11/prinsip-pareto-aturan-80-20.html

1 komentar:

  1. Dalam hidup gw, gak ada namanya kerja santai terus uang datang sendiri. Kalo mau kaya ya kerja keras. Mau pintar ya belajar lebih giat. Hasil gak bisa membohongi usaha. Masa iya gak ada usaha segala impiannya tercapai dengan mudah. Gw juga mau.

    BalasHapus

Whatsapp Button works on Mobile Device only