29 Maret 2019

Berapa Lama Mengatasi Deceptive Site Ahead?

Berapa Lama Mengatasi Deceptive Site Ahead?

Oke, jadi baru-baru ini saya dihadapkan dengan pengalaman baru di mana ada masalah pada website self-hosting yang menggunakan CMS wordpress. Karena sebuah pengalaman baru, saya tidak bisa bercerita banyak tentang hal ini, namun akan menjadi pengalaman yang berharga agar hal ini tidak terjadi pada teman blogger lainnya. Semuanya akan saya fokuskan pada berapa lama yang dibutuhkan untuk mengatasi masalah ini.

Penyebab


Pesan itu muncul apabila website yang kita kunjungi atau website yang kita miliki disusupi malware, sehingga browser kekinian memberi peringatan untuk menjauh agar tidak ada data kita diretas. Pesan ini tidak akan muncul apabila browsing menggunakan browser jadul karena sudah tidak update. Maka dari itu, pastikan website milik teman sudah dipasangkan sistem keamanan yang memadai.

Langkah mengatasi masalah


Untuk mengatasi masalah pesan deceptive site ahead silakan ikuti empat langkah berikut:

Pertama
langkah pertama yang harus kita ambil adalah membersihkan website dan memastikan sudah bersih, bisa dengan menggunakan anti malware atau install ulang website itu sendiri.

Kedua
Langkah kedua kita harus mengajukan permohonan kepada google bahwa website yang kita miliki sudah bersih dan aman untuk dikunjungi. Pengajuan ini dapat teman lakukan melalui google webmaster tools yang beralamat di:

https://search.google.com/search-console/about

Lakukan verifikasi di website masing-masing dengan upload html file yang disediakan oleh google atau menyisipkan kode pada tag <head>, setelah itu secara otomatis google akan memberi tahu bahwa memang sedang ada masalah pada website. Klik request review lalu isi pesan di dalamnya contohnya:

"I removed the 3rd-party code that was distributing malware on my website and replaced it with a more modern version of the code"

Berapa Lama Mengatasi Deceptive Site Ahead?

Jika sudah, buka halaman berikut:

https://safebrowsing.google.com/safebrowsing/report_error/

Hampir sama seperti di atas, isikan URL website dan komentar. Komentar bersifat opsional namun saran saya sebaiknya diisi saja.

Ketiga
Lanjut ke langkah ketiga, jika di webmaster tools muncul alamat phising atau muncul alamat yang bukan buatan kita, buka halaman berikut untuk menghilangkan alamat tersebut:

https://www.google.com/webmasters/tools/removals

Caranya sederhana tinggal masukkan URL phising lalu klik request removal.

Keempat
Terakhir, submit sitemap di google webmaster tools.

Berapa lama mengatasi masalah ini?


Bersumber dari halaman berikut:

https://developers.google.com/web/fundamentals/security/hacked/request_review

Dijelaskan di sana bahwa paling tidak perlu waktu 72 jam sejak pelaporan untuk menghilangkan pesan deceptive site ahead. Sekali lagi saya tekankan, pelaporan harus dilakukan setelah website sudah bersih, bukan saat proses pembersihan website.

Saya harap cara ini dapat membantu, semoga berhasil.

Posting Komentar

Whatsapp Button works on Mobile Device only