04 Februari 2019

Baterai Drop Setelah Restart? Perbaiki Sendiri Dulu!

Baterai Drop Setelah Restart? Perbaiki Sendiri Dulu!

Pernah mengalami masalah seperti gambar di atas? Teman tidak sendiri, saya juga mengalaminya beberapa waktu yang lalu.

Sebelum memvonis baterai smartphone rusak, ada baiknya melakukan pengecekan sendiri dulu di rumah karena kemungkinan masalahnya bukan di hardware, tapi di software.

Mengapa bisa seperti itu?

Menurut informasi yang sudah saya baca, kemungkinan ada dua:

Pertama karena masalah hardware...

Kedua karena masalah software...

Sistem android sangat memungkinkan salah membaca status baterai karena adanya aplikasi yang berjalan di background namun sangat rakus memakan daya baterai, sehingga daya baterai yang masih tersisa tidak sesuai dengan daya yang ditampilkan di layar. Contohnya begini: daya baterai sebenarnya masih 35%, tetapi karena ada aplikasi yang berjalan di background memakan daya sangat besar sehingga daya yang ditampilkan 5%.

Ketahui aplikasi pemakan daya besar

Untuk mengetahuinya sebenarnya sangat gampang, apabila teman menemukan notifikasi ada aplikasi yang memakan daya besar bisa langsung menghapus atau mengganti aplikasi tersebut, biasaya notifikasi tersebut tiba-tiba muncul lalu hilang, pesan yang ditampilkan kurang lebih isinya "... drain battery...".

Setelah menghapus aplikasi, biarkan smartphone mati sendiri dalam keadaan salah membaca status daya baterai. Seperti pada contoh gambar di atas, baterai smartphone saya sisa 3% namun bisa digunakan menonton sampai setengah jam. Hal ini bertujuan agar daya baterai yang sebenarnya bisa sinkron dengan sistem di mana sistem akan membaca daya baterai kosong atau 0%.

Terakhir charge smarphone dalam keadaan off sampai 100%. Bagi yang biasanya suka chat bisa menggunakan aplikasi telegram agar pesan bisa dibaca di smarphone lain atau laptop sehingga komunikasi tetap bisa dilakukan tanpa mengganggu proses charging.

(baca juga: terbukti ampuh, mengatasi android lag saat charging)

Nah itu saja tips untuk mengatasi baterai smartphone drop sesudah restart, hasil mungkin bisa berbeda pada setiap orang. Bagi yang mempunyai tips tambahan silakan isi di kolom komentar.

Posting Komentar

favourite category

...
test section description

Whatsapp Button works on Mobile Device only