10 Februari 2019

Membuat Laptop Stand Bermodal 26.000 Rupiah

Membuat Laptop Stand Bermodal 26.000 Rupiah

Berawal dari hilangnya karet bagian bawah laptop milik saya sehingga ketika mengetik merasa kejeng (tidak rata), akhirnya saya putuskan untuk mencari berbagai jenis laptop stand di toko online.

Setelah mencari dan mencari, saya menemukan salah satu laptop stand yang cara penggunaannya yaitu menempelkan di setiap pojok laptop. Mekanismenya sama seperti membuat miring keyboard pada umumnya. Namun sayang sekali, melihat banyaknya review yang mengatakan lem tidak kuat, gampang patah, belum lagi karena belinya online sehingga tidak ada garansi membuat saya mengurungkan niat untuk memesan.

Setelah melakukan pencarian, tidak ada laptop stand serupa dengan merk berbeda dengan harapan kualitas yang lebih bagus, sisanya hanya ada laptop stand premium dengan harga lumayan mahal sedangkan keperluan saya tidak sampai untuk hal tersebut. Oke, pencarian saya akhiri dan memilih untuk berkreasi sendiri.


Kebanyakan laptop stand buatan sendiri dibuat dari pipa, menurut saya pribadi hal itu kurang praktis. Saya ingin mencoba membuat laptop stand kurang lebih mekanismenya sama seperti pada stand keyboard, akhirnya munculah ide untuk membuat laptop stand beda dari yang lain.

Biaya yang dibutuhkan sebenarnya bisa kurang dari 26 ribu dan kualitasnya saya jamin berani diadu! Seperti apa bentuknya? Mari kita mulai.

Peralatan yang dibutuhkan

Semuanya bisa teman dapatkan di toko alat tulis, yaitu:
  • Double tape
  • Lakban atau isolasi
  • Dua buah klip kertas berbentuk segitiga dengan ukuran paling besar
Yap hanya itu saja, jika teman sudah punya salah satu diantaranya berarti biaya yang dibutuhkan tentu lebih sedikit, kita lanjut ke pembuatan.

Cara pembuatan

Lepaskan pengait besi di klip kertas, gunting sama panjang dan tempelkan double tape di bagian yang rata pada klip, satu sisi double tape tempelkan di laptop. Karena klip kertas terbuat dari besi, teman bisa menempelkan lakban atau isolasi pada bagian ujung klip agar alas laptop tidak tergores.

Seperti ini hasilnya:

Membuat Laptop Stand Bermodal 26.000 Rupiah

Tempelkan di bagian kiri kanan laptop:

Membuat Laptop Stand Bermodal 26.000 Rupiah

Beres! Alhasil karena keyboard yang agak miring, membuat kita lebih nyaman ketika mengetik dan sudut mata ke layar tidak terlalu tajam.

Membuat Laptop Stand Bermodal 26.000 Rupiah

Kelebihan dan kekurangan

Setelah beberapa lama penggunaan, kelebihan yang saya dapatkan kurang lebih sama seperti yang saya jelaskan di atas. Mengetik terasa jauh lebih nyaman dan sudut pandang mata tidak terlalu tajam ketika melihat monitor. Klip juga sangat kuat menempel pada casing laptop sehingga hentakan ketika mengetik tidak akan terasa apalagi membuat laptop miring.

Kekurangan dari laptop stand ini tentu saja tidak praktis apabila teman sering menggunakan laptop keluar rumah karena klip menempel permanen dan susah masuk ke tas.

Secara pribadi kekurangannya hanya itu saja. Bagi saya tidak masalah karena memang tidak pernah menggunakan laptop keluar rumah, hanya digunakan di ruang kerja saja untuk trading forex dan sesekali main GTA V.

Nah semoga tips kali ini bermanfaat untuk teman semua dan mohon maaf gambar agak buram karena hanya ada kamera seadanya saja. Bagi yang memiliki tips tambahan mengenai cara membuat laptop stand saya tunggu di kolom komentar.

Selamat mencoba!

Posting Komentar

favourite category

...
test section description

Whatsapp Button works on Mobile Device only