25 Januari 2019

Mengatasi Windows 10 Tidak Bisa Back-up


Bagi sebagian orang dan termasuk saya, bisa jadi install ulang adalah suatu hal yang sangat menyebalkan karena harus memulai dari awal lagi, padahal sebenarnya hal itu tidak perlu dilakukan. Dari saat postingan ini dibuat, saya banyak menemukan tools back-up agar kita tidak perlu melakukan install ulang dan seingat saya back-up ini sudah ada dari jaman Windows Vista.

Jadi seperti yang kita ketahui bahwa back-up ini berfungsi agar kita tidak usah melakukan install ulang lagi, cukup melakukan restore maka laptop/komputer akan balik seperti pertama kali dilakukan instalasi OS.

Kini back-up terasa jauh lebih mudah, terlebih lagi Windows 10 sudah menyediakan fasilitas untuk back-up bawaan dari Windows 7.


Masalahnya ketika back-up seringkali muncul error code 0x80070013 atau sejenisnya. Saya sudah mengalaminya dan ternyata masalahnya terdapat pada aplikasi OneDrive. Untuk mengatasi masalah ini caranya cukup mudah.

Cukup disable "Files on Demand"

OneDrive adalah aplikasi sejenis Google Drive yang bisa teman gunakan untuk menyimpan file secara cloud dan akan terpasang otomatis ketika menggunakan Windows 10.

Buka aplikasi OneDrive dan hilangkan centang pada bagian paling bawah. Lebih jelasnya lihat gambar berikut:

Mengatasi Windows 10 Tidak Bisa Back-up

Restart PC/laptop dan coba back-up kembali.

Mudah bukan? Itulah cara singkat mengatasi Windows 10 tidak bisa back-up. Silakan share post ini ke teman yang lain jika bermanfaat, selamat mencoba dan semoga berhasil.

Posting Komentar

Whatsapp Button works on Mobile Device only