30 Januari 2019

Jagalah Lautan! Pesan Moral Film Aquaman 2019

Jagalah Lautan! Pesan Moral Film Aquaman 2019

Apa yang membuat teman tertarik untuk menonton suatu film? Sudah terkenal? Jalan cerita yang bagus? Grafis yang memukau? Atau ada hal lainnya. Saya rasa itu menjadi pilihan masing-masing pada setiap orang.

Aquaman, film yang baru saja saya tonton dan alasan saya menonton karena memang saya suka film fiksi ilmiah, tidak peduli studio mana yang membuatnya. Asalkan ada unsur robot dan "segala keanehannya", biasanya saya tertarik untuk menonton film tersebut.

Film yang menceritakan perebutan tahta kerajaan

Oke sebelum lanjut ke pesan moral, saya akan jelaskan sedikit jalan cerita dari film ini. Saya janji memang akan sedikit karena otak saya memang tidak kuat menghapal.

Diceritakanlah seorang wanita keturunan atlantis yang terdampar di pinggir lautan lalu bertemu dengan seorang lelaki daratan dan akhirnya menikah. Pasangan ini memiliki seorang anak. Bisa dikatakan anak ini adalah manusia hibrid karena percampuran antara manusia dari darat dan manusia dari laut.

Dan pada suatu hari wanita ini dipaksa untuk kembali ke dalam lautan dan menikah kembali dengan sesama manusia lautan dan melahirikan seorang anak yang 100% murni manusia bawah laut. Nah karena wanita ini sempat menikahi manusia daratan akhirnya ia dihukum mati di suatu tempat yang bernama Trench, namun siapa sangka wanita ini masih hidup.

Oke sudah jelas, jadi ada saudara yang 50% dan 100% manusia bawah laut. Nah si 100% ini sangat sangat ingin mencetuskan peperangan dan menghancurkan daratan karena manusia daratan sudah merusak lautan seperti: menangkap ikan, pengeboman, menghacurkan habitat mamalia laut dan lainnya. Namun si 50% menegaskan bahwa peperangan tidak perlu dilakukan dan bisa menempuh jalan damai. Karena sama-sama dari keturunan raja dan berhak sebagai raja, akhirnya mereka berperang dan kemenangan dimiliki oleh si 50%.

Pesan moral yang sangat sarkas dan menyindir

Keturunan raja atlantis tersebut sangat amat membenci manusia atas laut/daratan karena hanya bisa merusak dan mencemari lautan.

Diceritakan atlantis dulunya adalah sebuah kerajaan yang sangat makmur dan memiliki teknologi canggih dan kini sudah tenggelam namun teknologinya tidak kalah canggih dengan manusia daratan, ceritanya...

Seandainya mereka benar-benar ada (seandainya), sangat memungkinkan peperangan bisa terjadi.

Ya ini hanya cerita fiksi, namun pesan moral yang disampaikan sangat menyindir saya yang terkadang tidak mau menjaga lingkungan, meskipun saya sendiri jauh dari lautan.

Melalui film ini, saya tersadar kembali jika lingkungan sekitar kita memang harus dijaga dan dirawat.

Saya sendiri sebenarnya juga menyukai lautan dan terpukau melihat pemandangan bawah laut ketika snorkling di Nusa Lembongan.

Bagaimana dengan teman lainnya? Apakah sudah menonton Aquaman? Harapan saya semoga teman terinspirasi juga dan mau mengajak orang di sekitar untuk senantiasa menjaga kebersihan lautan.

Sumber gambar:
http://style.tribunnews.com/2018/12/15/sinopsis-film-aquaman-perang-saudara-di-lautan-antlantis-tayang-di-bioskop-indonesia

Posting Komentar

Whatsapp Button works on Mobile Device only