24 Juni 2018

Mengapus bersih bloatware android dengan CMD

Mengapus bersih bloatware android dengan CMD

Saya yakin ada banyak aplikasi smartphone android yang tidak digunakan, katakanlah seperti: youtube vr, play music, daydream dan semacamnya. Padahal diam-diam sebenarnya aplikasi ini berjalan di belakang layar walaupun tidak sedang digunakan. Dampaknya sudah pasti performa smartphone menjadi lambat karena secara tidak langsung ada banyak aplikasi yang sedang berjalan. Solusi tergampang untuk masalah ini adalah melakukan disable pada aplikasi tersebut, beres.

Tetapi, ada kalanya juga saya temui aplikasi yang sudah disable menjadi enable sendirinya, jadi harus disable lagi. Mau tidak mau harus melakukan disable satu per satu kembali pada aplikasi tersebut. Dan yang kita tahu untuk menghapus aplikasi bawaan/bloatware secara permanen harus melakukan prosedur root yang dapat menghanguskan garansi dan resiko lainnya. Untuk mengatasi hal tersebut  pada post kali ini akan saya jelaskan cara untuk menghapus aplikasi bawaan tanpa root.

Apa yang perlu dipersiapkan?

Yang pasti teman perlu laptop, smartphone, kabel data dan sedikit pengetahuan cara menggunakan CMD.

Langkah 1: setting pada laptop

Download usb driver sesuai merk smartphone pada link berikut: https://developer.android.com/studio/run/oem-usb.html lalu install. Download ADB binary pada link berikut (untuk windows): https://dl.google.com/android/repository/platform-tools-latest-windows.zip lalu ekstrak terserah di mana saja, jika bingung saya sarankan di C saja.

Langkah 2: setting pada smartphone

Aktifkan developer options dengan cara masuk ke setting > about phone > cari build number lalu tap/tekan kurang lebih 7 kali sampai muncul notifikasi developer options sudah aktif. Kembali ke setting dan lihat pada bagian bawah maka menu developer options muncul. Masuk pada menu tersebut lalu aktifkan dan allow usb debugging.

Mengapus bersih bloatware android dengan CMD

Jika sudah, buka play store dan install aplikasi App Inspector.

Mengapus bersih bloatware android dengan CMD

Langkah 3: sambungkan laptop dan smartphone dengan kabel usb

Setelah disambungkan buka app inspector, di sana akan terlihat semua aplikasi yang ada di smartphone teman. Silakan pilih aplikasi yang akan dihapus dan pastikan aplikasi yang akan dihapus bukan aplikasi untuk sistem. Menghapus aplikasi sistem akan mengganggu kinerja smartphone, contohnya jika tidak sengaja menghapus aplikasi SMS nah nanti ada SMS masuk mau dibaca di mana coba? Contoh kali ini saya akan menghapus aplikasi daydream keyboard:

Mengapus bersih bloatware android dengan CMD

Perhatikan baik-baik gambar di atas, yang perlu kita catat adalah package name yaitu: com.google.android.vr.inputmethod.

Setelah mendapatkan package name, buka file yang kita ekstrak tadi, tahan tombol shift pada keyboard lalu pilih Open command window here:

Mengapus bersih bloatware android dengan CMD

CMD akan muncul dan selanjutnya ketik adb devices lalu enter. Tunggu beberapa saat dan pastikan smartphone sobat benar-benar sudah terkoneksi ke laptop seperti pada gambar di bawah:

Mengapus bersih bloatware android dengan CMD

Selanjutnya, ketik adb shell lalu enter, dilanjutkan dengan mengetik perintah di bawah:

pm uninstall -k --user 0 'package name'

Di mana package name kita ganti sesuai package name aplikasi yang akan kita hapus. Jadi saya akan merubahnya menjadi:

pm uninstall -k --user 0 'com.google.android.vr.inputmethod'

Lalu tekan enter, dan aplikasi akan sukses terhapus.

Mengapus bersih bloatware android dengan CMD

Bagaimana jika salah menghapus aplikasi?

Anggap saja teman salah menghapus aplikasi dan aplikasi yang dihapus adalah aplikasi kontak, jadi teman tidak akan bisa melihat daftar kontak. Agar aplikasi kontak muncul kembali silakan download aplikasi kontak yang ada di play store atau melakukan factory reset, maka aplikasi yang terhapus akan muncul kembali.

Cara ini sebenarnya tidak menghapus secara total, hanya menghapus aplikasi pada active user. Oleh sebab itu aplikasi akan muncul jika dilakukan factory reset.

Keuntungan

Ada pun beberapa keuntungan dari melakukan cara ini, antara lain:
  • RAM dan memory internal lebih lega, karena aplikasi benar-benar terhapus dari active user
  • Tidak menghanguskan garansi karena kita tidak melakukan root
  • Aplikasi yang salah terhapus bisa muncul kembali, tentunya dengan cara factory reset
  • Performa smartphone menjadi lebih ngebut dan irit baterai
Silakan teman coba cara ini dan saya tidak bertanggung jawab atas segala resiko yang ditimbulkan. Jika masih pemula sebaiknya perhatikan step-by-step dan lakukan backup terlebih dahulu.

Saya rasa cukup sekian, jika ada pertanyaan silakan ajukan via komentar dan jangan lupa untuk klik share agar teman lain tahu cara menghapus aplikasi tanpa root ternyata ada. Selamat mencoba!

Sumber gambar:
https://davescomputertips.com/just-say-no-to-bloatware/

Posting Komentar

favourite category

...
test section description

Whatsapp Button works on Mobile Device only