01 Maret 2018

Tabunganku CIMB Niaga ternyata ada biaya bulanan

Tabunganku CIMB Niaga ternyata ada biaya bulanan

Saya termasuk nasabah baru di bank ini. Saya tertarik membuka akun tabunganku karena menurut website CIMB tidak dikenakan biaya bulanan sama sekali. Biaya itu antara lain: administrasi bulanan, biaya ATM dan biaya saldo minimum. Nah dengan fasilitas seperti itu siapa yang tidak ingin membuka tabungan di sana, belum lagi biaya pembukaan rekening hanya 20 ribu saja.

Akan tetapi setelah berjalan beberapa bulan, saya lihat di e-statement yang rutin dikirim ke email saya ada sesuatu yang janggal, di mana ada keterangan tabungan saya dipotong 6000. Kalau dibilang tidak banyak mungkin ada sebagian yang bilang potongan tersebut tidak banyak, akan tetapi mengingat keterangan di website yang mengatakan tidak ada biaya membuat saya bertanya-tanya itu sebenarnya biaya apa.

Tabunganku CIMB Niaga ternyata ada biaya bulanan

Sempat saya bertanya di akun Twitter resmi CIMB dan mendapatkan jawaban seperti berikut:

Selamat pagi, untuk biaya tersebut adalah biaya materai ya. Terima kasih -Erlan

Saya coba lagi bertanya berharap yang menjawab orang yang berbeda dan mendapatkan jawaban seperti berikut:

Mohon maaf untuk e-alert package charge bisa dikenakan dari CIMB Niaga atau merchant saat transaksi, silakan Bapak/Ibu menghub Phone Banking 14041 untuk pemeriksaan secara sistem. Terima kaish-Boby

Mendapatkan jawaban tersebut saya menjadi bingung, sesuai dengan keterangan di website dengan link berikut:

https://www.cimbniaga.com/in/personal/products/consumer-liabilities-banking/savings/tabungan-transaksi/tabunganku.html

Sangat jelas diterangkan bahwa tabunganku tidak dikenakan biaya administrasi bulanan, tetapi kenapa tetap dikenakan biaya materai? Bukankah itu termasuk biaya administrasi?

Namun walaupun begitu saya masih tertarik dengan keunggulan yang diberikan CIMB dan berharap ada kejelasan lebih lanjut. Jujur saja saya sempat mendapatkan tawaran dari telemarketing untuk membuka tabungan berjenis On Account yang konon bebas dari biaya admin dan transfer ke semua bank jika saldo dalam satu bulan di atas 1 juta. Hanya saja karena adanya masalah ini membuat saya pending dulu agar tidak mengalami masalah yang sama sampai mendapat jawaban yang pasti.

Bagi teman yang merasa mengalami hal yang sama atau dari sekian pembaca ada dari pihak CIMB, saya mohon informasinya, terimakasih.

Sumber gambar:
https://twitter.com/cimbniaga

10 komentar:

  1. Saya juga mengalami hal yg sama. Baru2 ini sy heran ada biaya 6.000 di 2 rekening cimb niaga saya (syariah dan on account). Biasanya gak ada, sepertinya ini bahasa lain dari biaya admin bulanan yg baru diaktifkan. Kalo kaya gini, Sy mending pake 1 aja deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih sudah berbagi informasi agar menjadi perhatian bagi pembaca lainnya

      Hapus
    2. Info dari rekan saya yg bekerja di CIMB Niaga, biaya 6.000 itu diberlakukan karena ada transaksi diatas 1juta rupiah.

      Hapus
  2. sejak CIMB Niaga Air Asia saya berubah menjadi On Account 2 bulan yg lalu, tidak ada biaya 1 pun..namun akhir september kemarin saya juga dikenai charge 6rb..saya mau liat dulu apakah di akhir Oktober nanti juga dikenai ato tidak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih sudah berbagi informasi agar menjadi perhatian bagi pembaca lainnya, jika memungkinkan harap infokan juga ke saya mengapa biaya itu bisa muncul, bisa lewat komentar ini atau telegram

      Hapus
  3. saya juga mengalami hal yang sama, akun On Account saya bulan september ini terkena potongan 6rb, padahal sebelumnya tidak pernah ada potongan kecuali tax.

    BalasHapus
  4. Saya baru saja live chat dgn cs cimb niaga, begini balasannya :

    E-alert package charge adalah biaya dari fasilitas SMS notifikasi untuk transaksi diatas Rp. 1.000.000 yang efektif per tanggal 28 September 2018 diberikan kepada nasabah demi keamanan.Untuk penonaktifan silakan menghubungi layanan CIMB Niaga 14041.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Artikel ini ditulis pada bulan Mei sedangkan komentar anda di bulan Oktober, baik kalau memang ini adalah update terbaru berarti di kemudian hari notifikasi ini adalah biaya fasilitas SMS, namun saya masih ragu misalnya hanya ada 1 notifikasi SMS, apakah akan dikenakan 6000 juga atau nomimal lain, terimakasih sudah bergabung diskusi

      Hapus
    2. 31/10/18 10:47 AM
      bulan ini saya melakukan transaksi diatas Rp1.000.000 lebih dari 1x, saya rasa itu flat rate yang diberikan oleh pihak CIMB Niaga untuk membayar fasilitas notifikasi melalui SMS (walaupun saya sendiri belum pernah lihat SMS itu karena nomor hp sudah tidak aktif). untuk lebih pasti dan detail, bisa langsung menghubungi cs melalui live chat yang ada di sebelah kanan bawah page CIMBClicks

      Hapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

favourite category

...
test section description

Whatsapp Button works on Mobile Device only