18 Agustus 2017

Mengatasi android lag pada saat charging


Sepertinya bukan hanya saya saja yang mengalami kejadian seperti ini, sempat saya search di forum luar atau pun dalam ternyata banyak orang yang mengalaminya juga. Pernahkan teman mengalami lag pada saat charging hp android? Kalau pernah, pasti ada yang mengatakan penyebabnya adalah kabel charging yang tidak layak pakai lagi. Bagaimana jika sebuah ponsel android baru mengalami hal serupa? Mungkinkah kabel baru tersebut rusak juga?

Dari sekian banyak cara yang sudah dibaca, bagi saya tidak ada yang berhasil. Caranya antara lain:
  • Mengganti kabel charger dengan kabel baru/ori
  • Mengisi baterai minimal pada saat 20%
  • Tidak menggunakan hp pada saat charging

Semua cara tersebut sudah saya lakukan. Tapi terkadang pada saat hp diisi ulang ada saja keinginan untuk sekedar membaca notifikasi dan terjadilah lag, salah ketik dan sebagaimana. Sebagian user mengatakan ini disebabkan karena thorttling, atau suhu hp naik sehingga mengganggu kinerja yang sifatnya hanya sementara saja. Saya sendiri menemukan cara unik untuk mengatasi masalah ini.

Caranya adalah, pada saat awal charging dan menggunakan hp pada saat charging usahakan kaki tidak menginjak lantai/tanah. Saya kurang tahu hubungannya apa, seingat saya ini ada hubungannya dengan grounding yaitu manusia sebagai perantara listrik statis, entah itu istilah yang benar atau salah saya tidak tahu hehe. Yang jelas jangan menginjak bumi pada saat charging. Usahakan dalam posisi duduk atau tidur atau terserah teman mau gaya apa saja.

Konyol, tapi itulah nyatanya. Setelah saya lakukan sepertinya ada hasil, hp tidak lag lagi pada saat charging jika digunakan. Namun sebaiknya memang tidak menggunakan hp pada saat charging. Lebih baik didiamkan saja atau matikan data.

Update
Pengalaman ini saya dapatkan setelah mengganti smartphone dan bertanya di forum official, saya menyimpulkan penyebab lain hp lag pada saat charge/cas adalah kondisi hp yang panas sedangkan arus charge tetap sehingga menimbulkan lag, meskipun menggunakan charge original. Kejadian ini saya dapatkan ketika menggunakan OnePlus 3T. Solusinya adalah menggunakan charge yang mampu mengatur arus sesuai suhu smartphone pada saat charging berlangsung dan saya buktikan berhasil. Untuk merk charge silakan teman bisa cari sendiri, namun untuk rekomendasi dari saya silakan tanya melalui kontak untuk menghindari kesan promosi.

Harap diingat, semua ini berdasarkan pengalaman pribadi dan hasilnya bisa berbeda pada tiap smartphone.

Semoga bermanfaat.

Sumber gambar:
https://2ch.hk/crypt/res/36200.html

Posting Komentar

favourite category

...
test section description

Whatsapp Button works on Mobile Device only