02 Februari 2017

Permasalahan Playstation Store dengan kartu kredit Indonesia

Permasalahan Playstation Store dengan kartu kredit Indonesia

Baru-baru ini saya dihadapkan dengan masalah tidak bisa membeli PS plus menggunakan kartu kredit yang saya miliki. Padahal kurang lebih satu tahun yang lalu ketika pertama kali membeli PS plus saya sendiri menggunakan VCN atau Virtual Credit Card yang tidak ada bentuk fisiknya. Seharusnya secara logika PS lebih selektif ketika seseorang membeli item menggunakan kartu kredit virtual, tapi nyatanya kartu kredit yang saya miliki tidak bisa digunakan berbelanja di ps store. Sempat berpikiran, apakah PS memblokir semua kartu kredit Indonesia? Atau player dari Indonesia hanya bisa berbelanja hanya menggunakan voucher PSN?

Untuk mencari tahu penyebab dan jawabannya akhirnya saya mengirimkan email ke pihak PS Asia. Dari email balasan saya mendapatkan informasi bahwa kesalahan bukan dari kartu kredit yang saya miliki, tapi dari isian alamat di akun PSN saya. Untuk lebih detilnya akan saya jelaskan satu per satu.

Alamat billing address dan alamat pada akun PSN harus sama
Akar permasalahan sebenarnya ada di sini. Pada akun PSN dulunya saya mengisi kolom alamat dengan alamat rumah saya. Akan tetapi pada billing address kartu kredit saya tertera alamat kantor tempat saya bekerja. Jadi kalau alamat penagihan kartu kredit dan alamat rumah berbeda, silakan ubah terlebih dahulu kolom alamat pada PSN menggunakan alamat tagihan kartu kredit.

Gunakan nama yang tertera di kartu kredit
Pada saat mengisi data kartu kredit di web PSN, gunakan nama yang tertera di kartu kredit. Kalau memang nama di kartu disingkat, isian kolom nama pemegang kartu kredit harus disingkat juga.

Isi data kartu kredit pada web PSN, lalu berbelanja di PS store via konsol playstation
Setelah semua data terisi, akses PS store melalui konsol playstation. Sebenarnya ini bukan cara yang baku, hanya saran dari saya saja, mengingat web PSN terkadang susah diakses dan harus memasukkan cvc ketika purchase, sedangkan pada konsol tidak perlu.

Intinya samakan isian antara kartu kredit dan akun PSN, hanya itu saja. Saya rasa setelah melakukan cara ini tidak ada masalah lagi berbelanja PS plus, games, add on, season pass atau sejenisnya menggunakan kartu kredit Indonesia. Kebetulan barusan saya memperpanjang akun PSN saya menggunakan kartu kredit. Sebenarnya PSN saya expired bulan April, tapi karena sedang ada diskon imlek jadinya saya mendapatkan bonus game The Order 1886.
Permasalahan Playstation Store dengan kartu kredit Indonesia
Bagi teman yang tidak mempunyai kartu kredit bisa menggunakan VCN untuk berbelanja di Playstation Store, bisa dibaca di postingan sebelumnya. Semoga membantu.

Sumber gambar:
http://allthingsplaystation.com/elitedangerous-finally-debuts-ps4/

8 komentar:

  1. Sudah saya coba samakan nama dan billing address tetap tidak bisa. padahal satu hari sebelumnya bisa untuk beli game walau billing address dan nama berbeda.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya belum pernah menemui kasus seperti ini, kemungkinan dari pihak sony sudah mengetahui alamat yang berbeda di pembelian sebelumnya sehingga untuk transaksi kali ini diblokir sehingga tidak bisa beli lagi. saran saya silakan hapus data CC di akun sony lalu add kembali, lakukan pembelian melalui PS, biasanya transaksi awal akan dikenakan biaya transaksi 15rb dan dikembalikan lagi pada saat tagihan CC, semoga membantu

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu saya kartu kredit yang baru diterima harus diaktifkan dulu, silakan hubungi bank penerbit kartu dan coba gunakan untuk membeli pulsa terserah di mana saja, jika berhasil silakan coba di ps store

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah dicoba membeli pulsa online? Silakan coba dulu

      Hapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sesuaikan dengan alamat penagihan kartu kredit

      Hapus

favourite category

...
test section description

Whatsapp Button works on Mobile Device only