12 Agustus 2018

Langkah sepele mengamankan android

Langkah sepele mengamankan android
Ada banyak cara mengamankan smartphone android, mulai dari cara sederhana seperti menggunakan PIN, pola, bahkan secara diam-diam mengambil gambar/screenshot dengan kamera depan apabila PIN yang dimasukkan salah. Namun bicara soal keamanan, dari 1000 cara mengamankan biasanya pihak yang iseng mempunyai 1001 cara untuk menjebol keamanan tersebut. Baru-baru ini saya mengalami sebut saja 'insiden' sehingga menjadi inspirasi untuk membuat post ini.

Masalahnya sebenarnya sangat sepele, yaitu paket data hp saya mati karena kemungkinan tergeser di kantong celana sehingga pesan penting baru bisa saya baca setelah saya menyadari insiden kecil ini. Selain itu pernah juga lampu flash tiba-tiba menyala sendiri. Ini bukanlah hal gaib tapi ada penyebabnya. Coba teman perhatikan gambar di bawah:
Langkah sepele mengamankan android
Ini bagian pertamanya, dan bisa digeser ke kiri...
Langkah sepele mengamankan android
Saya kurang tahu itu bagian apa namanya di android, saya sebut saja tools. Nah pada saat smartphone terkunci siapa pun bisa menarik layar ke bawah dan terlihatlah tools tersebut. Andaikan ada seorang yang iseng maka mereka sangat mudah untuk mematikan paket data bahkan bisa mengaktifkan airplane mode sehingga siapa pun tak bisa menghubungi smartphone tersebut, termasuk android device manager (layanan yang digunakan untuk melacak android hilang). Mungkin terlihat sepele tapi sangat berbahaya bukan?

Maka dari itu, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, saya merubah pengaturan smartphone menjadi:
Langkah sepele mengamankan android
Dengan cara sepele seperti ini pihak yang iseng hampir tidak bisa berbuat apa-apa, karena paket data dan airplane mode tidak terlihat sehingga masih ada waktu untuk melakukan pelacakan smartphone bila diperlukan.

Semoga tips dari saya membantu teman yang sering menjadi korban jahil. Apabilan mempunyai tips tambahan silakan isi di kolom komentar dan jangan lupa share post ini ya, semoga membantu.

Sumber gambar:
https://android.gadgethacks.com/how-to/android-security-13-must-know-tips-for-keeping-your-phone-secure-0162723/

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only