01 Maret 2018

Perlukah mengganti HDD ke SSD?

Perlukah mengganti HDD ke SSD?

Mungkin, masih banyak yang beranggapan HDD adalah salah satu komponen dalam komputer/laptop yang tidak mempengaruhi kecepatan baik itu untuk browsing atau membuka program. Saya tidak menyalahkan pemikiran tersebut karena dulunya juga begitu. Laptop saya memiliki spesifikasi yang tidak terlalu ketinggalan jaman, dengan prosesor i5 dan ram 8gb saya rasa masih bisa dikatakan laptop yang memiliki kecepatan standar saat ini (Maret 2018), saya pun beranggapan agar laptop bisa lebih ngebut lagi ya harus ganti prosesor atau sama saja dengan mengganti laptop karena prosesor laptop hampir tidak bisa diganti. Tapi semua itu salah, dengan mengganti HDD menjadi SSD ternyata performa laptop bisa jauh lebih baik dari sebelumnya.

Jadi, bagi teman yang masih memiliki laptop yang agak lambat, solusinya adalah mengganti HDD menjadi SDD, apa lagi untuk teman yang suka coding atau membuat video, langkah ini lebih baik daripada harus mengganti semua komponen atau upgrade total. Harga SSD saya rasa sudah tidak terlalu mahal untuk saat ini, dengan budget di bawah 1,5 juta sudah bisa mendapatkan SSD dengan kualitas yang baik.

Hanya saja, penggunaan SSD sebaiknya diprioritaskan untuk install program saja, sedangkan data-data yang kita miliki disimpan di HDD. Saya sendiri mengubah dvdrom menjadi tempat HDD internal yang dulu menggunakan hardware HDD caddy. Sedangkan tempat HDD utama digunakan untuk menaruh SSD, jadi laptop saya saat ini menggunakan dua media penyimpanan: 250gb SSD dan 1tb HDD, keren kan?

Balik lagi ke judul, perlukah mengganti HDD ke SSD? Jawabannya balik lagi ke pribadi masing-masing. Yang jelas, dengan menggunakan SDD saya jamin performa laptop akan jauh lebih cepat ketika membuka program meskipun dengan spesifikasi laptop yang sama. Sangat saya anjurkan untuk teman yang suka coding, programming dan desain agar pindah menggunakan SSD. Hanya saja sekali lagi perlu diingat karena harga yang relatif mahal sebaiknya gunakan SSD untuk tempat penyimpanan instalasi program saja agar lebih awet dan tahan lama.

Tertarik untuk pindah ke SSD?

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only