29 Oktober 2017

Apa perbedaan NAT 2 dan NAT 3?

Apa perbedaan NAT 2 dan NAT 3?

Sebagian besar player PS4 Indonesia akan dihadapkan dengan masalah NAT. Untuk lebih jelasnya apa itu NAT silakan bisa mencari informasinya di internet, atau mungkin sebagian dari sobat akan mengerti apa itu NAT dengan melihat gambar di atas.

PS4 akan membedakan tiga jenis NAT, mulai dari NAT 1, NAT 2 dan NAT 3. Jika ingin bermain PS4 online, NAT manakah yang lebih bagus?

Pendapat saya pribadi semua NAT bagus jika digunakan sebatas update game atau firmware. akan tetapi beberapa fitur PS4 tidak akan bisa diakses jika kita mendapatkan NAT 3. Untuk lebih detailnya akan saya jelaskan satu per satu.

NAT 1

Tipe ini akan kita dapatkan apabila langsung menghubungkan PS4 dengan kabel internet, misalkan sobat berlangganan indihome lalu mengkoneksikan PS4 dengan kabel LAN. Dengan NAT 1 sobat bisa melakukan update game, firmware, party chat dan tentunya akses internet akan lebih stabil karena langsung terkoneksi ke sumbernya.

NAT 2

Hampir sama seperti NAT 1, hanya saja beberapa game tidak bisa berjalan dengan NAT 2 dan harus restart modem beberapa kali agar bisa online. NAT 2 biasanya kita dapatkan jika menghubungkan PS4 melalui router atau mini wifi. Dengan NAT 2 kita bisa melakukan update game, firmware, party chat.


NAT 3

Tipe paling akhir dan banyak orang mengatakan NAT 3 tidak baik digunakan untuk online PS4, hanya saja walaupun demikian kita tidak perlu memaksakan diri agar mendapatkan NAT 2. Dengan NAT 3 kita masih bisa melakukan update game dan firmware, hanya saja untuk party sudah dipastikan sering gangguan namun masih ada kemungkinan bisa party dengan terus mencoba join party. Biasanya NAT 3 kita dapatkan apabila mengkoneksikan PS4 dengan hotspot hp dan perlu diketahui juga tidak semua hotspot via hp memberikan NAT 3. Saya sendiri sudah mencoba menggunakan kartu 3, indosat, telkomsel dan bisa mendapatkan NAT 2 dengan hotspot hp. Akan tetapi jika sobat menggunakan kartu xl sepertinya agak susah mendapatkan NAT 3 karena sudah saya coba beberapa kali memang tidak pernah tembus mendapatkan NAT 3 menggunakan kartu xl. Solusi dari masalah ini adalah mencoba semua kartu GSM dan mengkoneksikan ke PS4 sampai mendapatkan NAT 2.


Jadi itu dia penjelasan singkat mengenai apa itu NAT, berdasarkan pengalaman pribadi agar bisa bermain PS4 online dengan baik usahakan koneksi internet stabil kisaran 7 mbps, tidak perlu 10 mbps lebih karena percuma saja bandwidth besar tapi koneksi dan ping tidak stabil. Bagi yang menggunakan modem silakan maksimalkan daya modem untuk menangkap sinyal agar koneksi bisa lebih baik dan bagi yang masih menggunakan hotspot hp usahakan menaruh hp di tempat yang agak terbuka seperti jendela agar tangkapan sinyal lebih kuat.

Jika ada tambahan silakan isi melalui kolom komentar. Jangan lupa bagikan artikel ini dengan klik share pada bagian bawah postingan, semoga bermanfaat.

Sumber gambar:
http://whatismyipaddress.com/nat

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only