10 Oktober 2017

Blogger pemula: belajarlah cara membaca laporan google analytics


Tulisan ini saya khususkan bagi blogger pemula yang mempunyai keinginan bisa menghasilkan rupiah dari sebuah blog. Namun sadarilah semua itu perlu proses di mana setiap orang bisa mempelajarinya dengan cepat atau sebaliknya. Kalau saya sendiri sebenarnya tidak terlalu mahir menggunakan tools ini, hanya bisa sekedar mengetahui seberapa jumlah pengunjung blog. Hanya saja setelah blog ini ganti kulit ada perbedaan jumlah kunjungan yang lumayan signifikan sehingga saya perlu mempelajari lebih lanjut bagaimana cara menggunakan google analytics agar pengunjung blog bisa lebih banyak lagi.

Google analytics adalah tools gratis yang diberikan oleh google yang berguna untuk mengetahui bagaimana prilaku pengunjung blog/website. Bagi saya sendiri tools ini sangat berguna untuk mengetahui:
  • Berapa jumlah kunjungan per hari?
  • Apa halaman/postingan yang disukai pengunjung?
  • Halaman/postingan apakah yang membuat pengunjung meninggalkan blog?
  • Dari mana pengunjung datang? Website kah? Email? Sosmed?
Menurut saya ada lima point penting di atas yang bisa kita simpulkan. Lalu gunanya untuk apa?

Mengetahui kunjungan per hari

Mengetahui angka ini sangat penting agar kita bisa membandingkan jumlah kunjungan hari ini dengan hari sebelumnya, minggu ini dengan minggu sebelumnya, atau membandingkan antar bulan. Jadi kita bisa tahu apakah pengunjung blog kita tambah banyak atau sedikit.

Mengetahui halaman yang disukai pengunjung

Tujuan mengatahui halaman/artikel yang disukai pengunjung adalah memaksimalkan halaman tersebut dengan menaruh link halaman lain atau bisa kita manfaatkan untuk menawarkan sesuatu, seperti menjual barang. Selain itu dari artikel tersebut kita jadi tahu sebenarnya apa sih hal yang membuat artikel tersebut disukai pengunjung? Apakah karena memang bermanfaat? Atau dibutuhkan oleh banyak orang? Untuk selanjutnya kita bisa mencontek artikel tersebut agar bisa menulis hal yang disukai banyak pengunjung.

Mengatahui halaman yang membuat pengunjung pergi

Hampir sama seperti point di atas, namun kebalikannya. Dengan mengatahui halaman atau artikel tersebut paling tidak kita bisa mengubah isi artikel agar pengunjung mau membaca artikel lain, atau jika pengunjung memang mau pergi dari blog kita setidaknya ada hal berkesan yang membuat pengunjung datang lagi.

Mengetahui sumber pengunjung

Ada banyak sumber pengunjung/trafik dari sebuah blog antara lain: search engine (google/bing), website lain, sosmed, email dan lainnya. Jika pengunjung yang berasal dari search engine masih sedikit berarti penerapan SEO dalam blog masih ada yang kurang. Jika pengunjung yang berasal dari blog lain masih sepi berarti kita jarang meninggalkan komentar di blog lainnya. Begitu juga apabila sumber pengunjung tidak ada sama sekali dari sosmed, berarti kita harus sering posting di facebook atau sosmed lainnya.

Ini adalah postingan pembukaan tentang google analytics dan saya berharap teman blogger tahu ada fasilitas gratis yang sangat bermanfaat ini. Sebelum melangkah jauh mengenai cara menghasilkan rupiah dari sebuah blog, saya menyarankan teman membuat blog untuk tujuan belajar pada enam bulan pertama. Enam bulan ini bisa teman manfaatkan untuk belajar mengetik 10 jari dan mengasah gaya bahasa masing-masing. Untuk selanjutnya akan saya bahas lagi bagaimana cara menggunakan google analytics untuk pemula. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only