24 September 2017

Inilah kelebihan Telegram daripada Whatsapp menjelang akhir 2017

Inilah kelebihan Telegram daripada Whatsapp menjelang akhir 2017
Sampai saat ini, inilah beberapa fitur telegram yang masih membuat saya tetap menyukai telegram daripada whatsapp meskipun hanya beberapa orang saja yang saya kontak melalui telegram. Oke tidak perlu banyak bicara inilah dia, jeng jeeeng!!!

Berbasis cloud
Apa maksudnya berbasis cloud? Simpelnya begini, apabila kita sengaja atau tidak sengaja reset hp dan memasang aplikasi telegram kembali, maka pesan, gambar, video itu tidak akan hilang sampai kita yang menghapusnya sendiri. Memang fitur ini ada juga di whatsapp tapi harus backup terlebih dahulu. Bagaimana kalau lupa backup? Sudah pasti pesan tersebut akan hilang untuk selamanya.

Karena berbasis cloud, tidak perlu takut kehilangan file!
File di sini bisa foto, video, dokumen, presentasi dan file lainnya walaupun tanpa ekstensi. Jujur saja, pastinya teman mengikuti salah satu grup whatsapp dan di grup tersebut banyak yang mengirim gambar, gambar tersebut otomatis tersimpan di galeri. Karena gambar tersebut tidak penting, biasanya kita akan menghapus gambar tersebut di galeri. Hanya aja terkadang kita tidak sengaja menghapus gambar yang tidak seharusnya kita hapus. Bagaimana cara mendapatkan gambar itu kembali? Hanya ada satu cara yaitu meminta teman mengirimkan gambar itu ke grup. Lalu bagaimana dengan telegram? Jika kita tidak sengaja menghapus gambar pada galeri, entah gambar itu kita dapat dari chat pribadi atau grup, cukup membuka chat atau grup tersebut, gambar itu masih ada sampai sang pengirim yang menghapusnya, simpel kan? Bukan hanya gambar, file lain pun masih tersimpan juga.

Sebagai penyimpanan file pribadi
Pada aplikasi telegram kita bisa chat dengan diri kita sendiri. Nah fitur ini saya gunakan untuk menyimpan dokumen yang sewaktu-waktu saya perlukan seperti scan KTP, kartu keluarga, SIM, ijasah dan file penting lainnya. Sama seperti penjelasan sebelumnya apabila hasil scan SIM atau dokumen saya hapus di galeri, saya tidak perlu khawatir, cukup membuka chat pribadi maka file itu masih bisa saya dapatkan.

Ada user id
Menambahkan teman di telegram bisa menggunakan user id dan nomor telepon. Jujur saja, menambahkan orang dengan nomor telepon terkadang ribet karena harus menghapal nomor yang panjang dan harus menyimpan nomor tersebut, ini yang harus dilakukan pada whatsapp. Sedangkan pada telegram cukup memasukan user id pada kolom pencarian dan orang tersebut akan muncul, nama orang yang kita add dengan cara mencari user id akan menampilkan nama aslinya, jadi tidak bingung siapa nama orang tersebut.

Menampilkan nama anggota grup dengan nama mereka sendiri
Ini yang membuat saya teramat menyukai telegram. Saya yakin banyak yang mengalaminya juga. Saya yakin diantara teman semua mengikuti grup di whatsapp. Contohnya saya sendiri, saya bergabung pada grup SMA. Begitu melihat daftar anggota grup tersebut, tampaklah pada bagian bawah nomor-nomor hp tak bertuan dan tidak ada foto, jadi saya tidak tahu siapa sebenarnya orang itu. Hanya saja terkadang pada whatsapp di sebelah kanan nomor hp ditampilkan tanda "~" lalu diikuti dengan nama pemilik nomor hp tersebut, cuma tidak semua. Sedikit membantu memang. Karena itulah saya lebih menyukai grup telegram karena anggota yang belum saya simpan nomornya akan menampilkan nama aslinya, atau dengan kata lain semua anggota grup akan menampilkan nama asli mereka masing-masing, jadi tidak perlu menebak siapa orangnya

Postingan ini sepertinya terlalu memojokkan whatsapp ya, hehehe... Memang pada telegram belum ada fitur video call, ini menjadi nilai lebih untuk whatsapp dan tentu saja orang lebih familiar dengan kata "punya we a?" daripada "punya "te ge?". Semoga saja whatsapp nantinya memiliki fitur seperti telegram.

Bagaimana dengan teman sendiri? pilih telegram atau whatsapp? Saya tunggu jawabannya di kolom komentar.

Sumber gambar:
http://magentaig.com/blog/?limit=6&sectionId=11&page=23&per-page=6&language=es

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only