25 September 2017

Berapa kuota untuk online PS4?

Sudah menjadi hal yang sangat membosankan apabila kita sudah menamatkan game petualangan pada ps4 karena tidak ada misi lagi. Karena itulah fitur online pada ps4 sangat berguna sekali sehingga kita bisa tetap bermain dengan tantangan yang berbeda di mana player lain yang menjadi musuh atau teman kita, bukan komputer. Hanya saja permasalahan untuk bermain ps4 online di Indonesia masih sangat banyak, terutama pada jaringan internet.

Masalah yang pertama adalah munculnya pesan error ws-37397-9 pada ps4, hal ini bisa diatasi dengan restart wifi atau modem sampai mendapatkan IP berbeda atau IP yang tidak diblokir oleh PSN. Masalah kedua adalah tidak bisa membeli game pada PS store menggunakan kartu kredit. Namun masalah ini bisa diatasi dengan memastikan antara alamat yang tertera pada akun PSN dan tagihan kartu kredit sudah sama 100%. Ada pun kendala lainnya yaitu koneksi internet yang lambat, nah ini musuh utama buat saya.

Namun, rata-rata jaringan selular Indonesia sudah 4g dan kecepatan 4g sangat memadai untuk bermain ps4 online dengan lancar. Hanya saja banyak yang masih ragu untuk bermain ps4 dengan sistem kuota karena konon banyak menyedot kuota. Sebenarnya berapa banyak kuota untuk online ps4?

Berdasarkan pengalaman dan perhitungan saya sendiri, online selama 1 jam memakan kurang lebih 100mb, itu pun sudah termasuk chat dalam room, bukan party. Perhitungan ini saya gunakan pada saat bermain GTA V dengan kartu XL yang baru saja saya isikan kuota. Kebetulan saat itu indihome tidak bisa digunakan untuk bermain GTA V.

Untuk game lain, saya rasa perbedaannya tidak terlalu jauh, kecepatan pun di atas rata-rata dengan jaringan 4g, 95% tidak ada lag pada saat bermain kecuali di saat tertentu. Ya saya maklumi saja karena jaringan nirkabel lebih rentan gangguan daripada jaringan yang menggunakan kabel seperti indihome. Saya sarankan matikan dulu automatic update jika bermain ps4 online untuk menghindari update yang menyedot banyak kuota.

Jadi tidak usah pesimis untuk bermain ps4 dengan jaringan 4g, apalagi saat ini sudah tersedia pembelian kuota sampai puluhan giga sedangkan untuk update game biasanya kisaran 5gb, kecuali download game baru bisa sampai 60gb. Sesuaikan saja dengan kemampuan dan kebutuhan.

Semoga tercerahkan dengan informasi ini. Sekedar info saja, apabila teman ada di daerah Bali saya siap menampung ps4 teman untuk update di rumah saya, tanpa biaya alias gratis tis tis!

6 komentar:

  1. Mantap sekali bli artikelnya. Cuman mau mastiin aja nih, berarti kalau kita beli game digital (anggaplah beli game GTA V dengan kuota download misalkan 59GB), jadi saya harus nyiapin kuota internet nya harus diatas 59GB ya bli?
    Berarti game digital itu jatuhnya lebih mahal dong ya daripada beli fisik bluraydisk nya? Harus nyiapin dana buat beli game digital dan kuota internetnya. 😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mas, betul sekali... Tapi perlu diingat, beli BD game lama kalau dimainkan saat ini kemungkinan ada update juga dan ukurannya bisa 10gb lebih. Makanya gak heran ada yang mengeluh beli BD tapi musti update juga

      Hapus
  2. Mau tanya gan, kalau punya saya kecepatan downloadnya cuman 100-200 kbps, tapi stabil gan. Apakah bisa untuk memainkan gta 5 secara online?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa gan, silakan dicoba ya, silakan add PSN saya jika berminat => mdgelgel43

      Hapus
  3. Saya belum beli game gta 5 nya, ntar takut gak bisa onlen, maaf tanya lagi gan, dapat nat berapa ya dengan kecepatan segitu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. NAT tidak bergantung pada kecepatan internet gan, NAT bergantung pada provider yang digunakan

      Hapus

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only