August 18, 2017

Mengatasi android lag pada saat charging

Sepertinya bukan hanya saya saja yang mengalami kejadian seperti ini, sempat saya search di forum luar atau pun dalam ternyata banyak orang yang mengalaminya juga. Pernahkan teman mengalami lag pada saat charging hp android? Kalau pernah, pasti ada yang mengatakan penyebabnya adalah kabel charging yang tidak layak pakai lagi. Bagaimana jika sebuah ponsel android baru mengalami hal serupa? Mungkinkah kabel baru tersebut rusak juga?

Dari sekian banyak cara yang sudah dibaca, bagi saya tidak ada yang berhasil. Caranya antara lain:
  • Mengganti kabel charger dengan kabel baru/ori
  • Mengisi baterai minimal pada saat 20%
  • Tidak menggunakan hp pada saat charging
Semua cara tersebut sudah saya lakukan. Tapi terkadang pada saat hp diisi ulang ada saja keinginan untuk sekedar membaca notifikasi dan terjadilah lag, salah ketik dan sebagaimana. Sebagian user mengatakan ini disebabkan karena thorttling, atau suhu hp naik sehingga mengganggu kinerja yang sifatnya hanya sementara saja. Saya sendiri menemukan cara unik untuk mengatasi masalah ini.

Caranya adalah, pada saat awal charging dan menggunakan hp pada saat charging usahakan kaki tidak menginjak lantai/tanah. Saya kurang tahu hubungannya apa, seingat saya ini ada hubungannya dengan grounding yaitu manusia sebagai perantara listrik statis, entah itu istilah yang benar atau salah saya tidak tahu hehe. Yang jelas jangan menginjak bumi pada saat charging. Usahakan dalam posisi duduk atau tidur atau terserah teman mau gaya apa saja.

Konyol, tapi itulah nyatanya. Setelah saya lakukan sepertinya ada hasil, hp tidak lag lagi pada saat charging jika digunakan. Namun sebaiknya memang tidak menggunakan hp pada saat charging. Lebih baik didiamkan saja atau matikan data. Semoga bermanfaat.

Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

Ada pertanyaan serius? Ingin segera dijawab? Silakan ajukan pertanyaan melalui halaman Contact Person atau chat langsung via Telegram app, thank!