30 Agustus 2016

BNI debit online VS Mandiri debit online: pilih mana?

BNI debit online VS Mandiri debit online: pilih mana?
Sebelumnya saya sudah pernah membuat postingan mengenai BNI debit online, yang dapat kita gunakan untuk berbelanja online tanpa harus memiliki kartu kredit. Toko online yang sudah pernah saya gunakan antara lain: Playstation store, godaddy dan hostgator. Nah bank Mandiri pun meluncurkan service serupa yang sudah pernah saya gunakan untuk memverifikasi akun Neteller. Kalau ada produk yang serupa kita harus pilih yang mana? Postingan kali ini sangat tepat bagi sobat yang ingin berbelanja online tapi belum memiliki kartu kredit, cukup hanya menggunakan kartu debit saja. Mari kita bahas lebih lanjut...

Oke saya coba untuk ingatkan lagi, jadi fasilitas debit online dapat kita gunakan untuk menciptakan kartu kredit virtual atau virtual credit card (VCN) menggunakan kartu debit/ATM. Sebelum dapat menggunakan fitur VCN sobat harus datang ke bank yang bersangkutan untuk mengaktifkannya.

Berdasarkan pengalaman saya, antara BNI debit online dan Mandiri debit online memiliki perbedaan yang cukup signifikan, yaitu:

Proses request BNI debit online dapat melalui SMS yang nantinya akan dilanjutkan dengan memasukkan password secara acak. Selanjutkan akan ada SMS yang berisikan nomor kartu virtual lengkap beserta dengan tanggal expired dan 3 kode rahasia yang biasa tertera di belakang kartu kredit. Data inilah yang nantinya akan kita input di toko online. Cukup sampai sini sobat sudah bisa berbelanja dengan BNI debit online.

Untuk Mandiri debit online prosesnya sedikit beda. Mandiri debit online tidak sebebas BNI debit online karena sementara hanya bisa digunakan pada merchant yang sudah mendukung VbV (verified by visa). Caranya hampir sama, yaitu dengan cara memasukkan angka yang tertera di bagian depan kartu debit/ATM, tanggal expired dan 3 kode rahasia di belakang kartu debit. Setelah klik lanjut/ok/next pada toko online, sobat akan otomatis dibawa ke halaman di mana pada halaman/web tersebut sobat harus memasukkan kode yang dikirim lewat SMS. Begitu proses selesai, rekening sobat akan otomatis terdebet.

Jadi kurang lebih alurnya seperti ini:

BNI: request VCN via SMS > mendapatkan nomor virtual > input nomor virtual di toko online > transaksi berhasil

Mandiri: masukkan nomor kartu debit depan belakang di toko online > masukkan kode rahasia yang dikirim melalui SMS > transaksi berhasil

Harap diingat sebelum dapat menikmati fasilitas ini silakan registrasi di bank masing-masing, dan seingat saya untuk Mandiri debit online bisa langsung diaktifkan via internet banking. Transaksi debit online bersifat non refundable yang artinya transaksi yang sudah berhasil tidak dapat dibatalkan.

Selamat berbelanja!

Sumber gambar:
http://atlanticasingkut.blogspot.co.id/2013/08/bug-atlantica-online-patriotbug-buka.html

7 komentar:

  1. Kalo pake mandiri debit online untuk beli game di playstation store udah nyoba belom min? Bisa kagak ya ? Mohon pencerahan min hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya belum pernah coba, tapi sepertinya masih belum bisa karena ps store belum mendukung VBV

      Hapus
  2. bro, kalo assuming dari baca uraian diatas, artinya uda pernah coba belanja di PSN Store pake VCN nya BNI debit online ya? mohon konfirmasi.

    saya mau coba, tapi pernah dengar ada yg gagal jg.
    Teoriku sih mungkin id PSN dia di region selain Indonesia, jadinya gagal. Karena pake Credit Card sekalipun harus di PSN region negara sama dengan penerbit CC nya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar saya sudah pernah bang...

      gagal ada banyak penyebabnya, dari pihak BNI atau PSN? setahu saya mau pakai cc dari negara manapun asalkan bertipe mastercard atau visa pasti berhasil, kalau masih bingung silakan ajukan pertanyaan di telegram bang

      Hapus
  3. Gak punya kartu kredit atau vcn bni sih tapi saya pake kartu debit atm permata yg visa di psn ama playstore langsung bisa gan, sebelumnya nyoba debit mandiri tapi gak bisa. Saya baca2 digoogle yg lain pake debit dari jenius btpn, bank btn dan cimb niaga katanya juga bisa buat psn ama playstore sih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih masukannya, sangat membantu

      Hapus

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only