June 20, 2016

Baterai laptop: dilepas atau dipasang, efeknya sama saja

Baterai laptop: dilepas atau dipasang, efeknya sama saja
Bicara soal laptop, saya sudah pernah merusak dua laptop saya sebelumnya (dan saat ini menggunakan laptop ketiga) hanya karena masalah baterai. Pada laptop yang pertama, dari sejak pembelian saya tidak pernah menggunakan baterai dengan alasan untuk menjaga agar baterai tetapi awet. Saat itu saya tinggal di kosan dan tidak tahu kalau tegangan di kosan naik dan turun. Cerita akhirnya sudah bisa sobat tebak, laptop saya akhirnya rusak tidak bisa digunakan, karena bagian yang rusak adalah motherboard.

Lalu yang kedua laptop yang saya gunakan sejak tahun 2011 dan baru rusak beberapa bulan yang lalu. Kalau yang ini beda cerita, Baterai tetap saya pasang meskipun sudah penuh, karena trauma akan pengalaman sebelumnya. Alhasil laptop pun awet sampai 3 tahun lebih dan menjelang tahun ke empat, baterai sudah mulai rusak ditandai dengan adanya tanda silang pada indikator baterai. Meskipun demikian baterai tetap saya pasang dan akhirnya entah kenapa laptop saya jadi ikut rusak, tidak bisa menyala sama sekali.

Jadi lebih baik pilih yang mana? Lepas baterai atau pasang baterai? Dari pengalaman saya di atas bisa disimpulkan menjadi dua, yaitu:

Apabila melepas baterai
Tidak ada salahnya untuk melepas baterai dengan alasan agar baterai laptop tahan lama, tapi yang harus dikorbankan adalah motherboard laptop, karena arus listrik yang masuk tidak stabil (kita tidak pernah tahu kapan listrik turun daya). Solusinya adalah dengan menggunakan UPS. Pada saat turun tegangan atau mati listrik paling tidak ada jeda waktu untuk mematikan laptop.

Apabila memasang baterai
Selalu memasang baterai laptop adalah pilihan kedua dan tentu saja dengan cara ini laptop tetap aman apabila terjadi turun tegangan atau mati listrik. Akan tetapi sudah bisa ditebak umur baterai akan lebih pendek. Berdasarkan pengalaman saya yang kedua, apabila baterai laptop sudah menandakan rusak atau bocor sebaiknya segera diganti dengan baterai yang baru sebelum merusak komponen laptop lainnya.

Itulah pengalaman saya mengenai baterai laptop, apabila ada dana lebih memang lebih baik menggunakan UPS, selain itu baterai akan tetap awet. Begitu juga sebaliknya jika tidak memungkinkan menggunakan UPS sebaiknya segera mengganti baterai laptop apabila ada tanda kerusakan.
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

Ada pertanyaan serius? Ingin segera dijawab? Silakan ajukan pertanyaan melalui halaman Contact Person atau chat langsung via Telegram app, thank!