February 3, 2016

STB: rasa indah MINI 4 WD

STB: rasa indah MINI 4 WD
Siapa yang tidak tahu mainan mini 4 wd? Memang sedikit terdengar asing di telinga, tapi kalau menyebut nama tamiya saya yakin semua orang tahu seperti apa bentuknya. Oh iya sekedar meluruskan saja, sebenarnya Tamiya itu adalah sebuah merk, produknya bukan hanya mobil mini 4 wd saja, ada RC, alat peraga dan masih banyak yang lainnya. Khusus kali ini saya akan membahas mobil mini 4 wd. Banyak yang menganggap mainan ini sudah dimakan jaman, saya sempat berpendapat seperti itu juga mengingat mainan ini populer di tahun 90an. Tapi jangan salah, komunitasnya masih sangat banyak sekali meskipun tidak seramai dulu. Komunitas tamiya pun banyak jenisnya, yang akan saya bahas kali ini adalah STB atau Standar Tamiya Box. Seperti apa tamiya STB?

Sesuai dengan namanya, sebuah tamiya STB harus dirakit sesuai isi box pembelian, tidak boleh ditambahkan asesoris apa pun atau menggunakan spare part di luar box pembelian, bahasa mudahnya adalah tamiya standar, benar-benar murni standar.

Apakah boleh mengganti ban atau dinamo? Ada regulasi yang membolehkah tamiya STB mengunakan asesoris lain selama itu berasal dari box pembelian tamiya yang lain. Yang jelas spare part harus berasal dari box pembelian tamiya, bukan dari spare part untuk upgrade.

STB: rasa indah MINI 4 WD
Contoh tamiya STB

Banyak yang bertanya dan beranggapan:

"Kalau semuanya standar, terus asiknya/serunya di mana?"

Pertanyaan yang sama persis saya lontarkan ketika pertama kali mendengar peraturan tamiya STB, wajar.

Saya jawab: justru itulah serunya tamiya STB, karena semuanya standar pabrik jadi ya bisa dikatakan asiknya ketika kita bisa menang dari lawan. Kalau belum dicoba memang susah percaya, oke tidak masalah karena saya pun dulu juga begitu, daripada penasaran lebih baik dicoba kan?

Lawan kita pun dari berbagai kalangan, dari yang seumuran sampai anak kecil. Karena simpel dan mengasikan banyak kalangan menyukai tamiya STB, kemungkinan kalah dari anak kecil sangat besar sekali hehehe...

Karena diharuskan menggunakan spare part lengkap mulai dari body, ban, roller, dan dinamo bawaan, oleh sebab itu saya menyebut STB adalah rasa indah mini 4 wd. Lari yang tidak begitu kencang, saling bersaing di sirkuit, benar-benar sangat indah sekali dipandang mata.

Bagaimana, tertarik main tamiya lagi?
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

Ada pertanyaan serius? Ingin segera dijawab? Silakan ajukan pertanyaan melalui halaman Contact Person atau chat langsung via Telegram app, thank!