November 23, 2015

Trik mudah bagi yang susah login wifi.id

Pernah merasakan susah login ke wifi.id? Posisi wifi sudah terkoneksi tapi tidak muncul portal untuk login? Nah kebetulan sekarang ini saya juga merasakan hal yang sama. Dari awalnya muncul portal secara sendiri, lalu harus menunggu portal muncul beberapa saat setelah konek wifi, dan kini entah kenapa laptop saya tidak memunculkan portal login seperti biasanya padahal wifi sudah konek. Sebelumnya saya tidak pernah membaca bagaimana cara untuk memecahkan masalah ini di artikel lain dan saya akan memberikan cara bagaimana memunculkan portal login wifi.id yang tidak muncul berdasarkan pengalaman pribadi. Hanya saja sebelum menggunakan cara ini, sobat harus pernah login dan mengaktifkan cache.

Secara default, browser akan menyimpan cache dan daftar url yang pernah kita kunjungi. Begitu juga dengan portal login wifi.id adalah sebuah url yang memunculkan mac address perangkat penerima sinyal wifi baik itu di komputer, hp atau laptop. Lalu mengapa cache harus disimpan?

Jawabannya adalah karena kita akan mengakses url tersebut untuk memunculkan portal login wifi.id, dan url portal ada di cache atau history browser.

Cara memunculkan portal login wifi.id adalah paste url portal di browser lalu enter, seperti apa format url tersebut? Berikut adalah url portal login untuk mac address laptop saya:

http://welcome9.wifi.id/wifi.id-apt/default/?gw_id=WAG-D5-KLM&client_mac=a4:db:30:84:9a:43&wlan=5DPR012179/5DPR-KLM0106-907AI:@wifi.id&sessionid=0502FFFF78002937-564B3CC8

Pastikan url yang sobat paste ada mac address tersebut. Tinggal copy lalu paste dan portal login akan muncul.

Mungkin ini sekian cara yang sudah banyak tersebar di internet, atau bagi yang belum tahu bisa menggunakan cara ini. Perlu diketahui saya tidak menjamin cara ini berhasil, namun apabila ada pertanyaan atau saran silakan isi di kolom komentar.

1 comment:

Ada pertanyaan serius? Ingin segera dijawab? Silakan ajukan pertanyaan melalui halaman Contact Person atau chat langsung via Telegram app, thank!