October 13, 2015

Berhasil adalah kumpulan 150x kegagalan

Hari sudah larut namun saya sedikit susah tidur, karena ada proyek yang harus dikerjakan namun masih belum sempurna, sedangkan deadline sudah dekat. Ada beberapa website adsense peliharaan saya yang harus dirawat secara rutin dan beberapa lagi domain akan expired. Selain itu proyek web berbasis HTML5 saya masih mangkrak di tengah jalan karena tidak ada waktu untuk belajar, waktu habis hanya untuk pekerjaan kantor dan istirahat. Proyek tersebut saya ambil karena saya suka dengan HTML5. Ternyata hanya dengan rasa suka akan membuat orang tergerak untuk mengambil resiko. Wah hebat ya, haha. Bicara soal suka-suka, ada sedikit cerita tentang saya. Masih berlatarbelakang kampus dan perjuangan saya 2 tahun silam.

Oh iya, mengenai proyek di atas, sebenarnya saat ini saya merasa sedikit frustasi karena kekurangan waktu dan sumber untuk belajar HTML5 (bahasa pemrograman baru untuk membuat web). Frustasi membuat saya mencari-cari jalan untuk menghilangkan rasa frustasi itu. Dan sampailah saya pada folder skripsi yang saya buat 2 tahun lalu. Dan akhirnya sekarang saya merasa sedikit agak lega setelah melihat isi folder skripsi, karena pada masa itu juga saya merasakan hal yang sama. Gagal, gagal dan gagal, wah capek deh...

Jadi, pada waktu itu adalah saat-saat saya harus menentukan/mengambil judul skripsi. Sumpah bingungnya minta ampun. Kebetulan saya ini sangat suka dengan hal yang berbau animasi. Konsultasi sana-sini akhirnya saya putuskan untuk membuat aplikasi pembelajaran berbasis animasi. Perlu sobat ketahui, saya bukan desainer, programer flash, editor foto, dan lain hal yang berbau animasi, apalagi mempunyai skill tersebut. Bukan, saya hanya sebatas manusia yang menghabiskan waktu bermain GTA san andreas online selepas keluar kelas. Hanya saja, bermodalkan rasa suka yang besar, akhirnya saya mengambil tema tersebut.

Hanya dengan bermodalkan rasa suka, saya berani mengambil resiko.

Resiko sudah saya ambil dan hanya dengan rasa suka yang kuat tersebut saya membebaskan kaki dan tangan saya untuk mencari informasi cara membuat aplikasi pembelajaran berbasis flash. Nah frustasi pun mulai muncul. Kegagalan demi kegagalan saya alami. Sudah hampir seratus percobaan dilakukan lakukan tapi masih tetap gagal. Program saya hancur, error, tak berbentuk.

Berhasil adalah kumpulan 150x kegagalan skripsi flash stikom bali
Gagal, gagal dan gagal!
Saya pernah merasakan kesal, kesal sendiri, mau nangis tapi air mata entah ke mana, rasanya ingin mundur, gantung diri di pohon kecambah, minum anti nyamuk tapi takut keracunan, dan lain-lain. Tapi ini skripsi, ini masa depan saya, saatnya membuktikan ke orang tua kalau saya bisa pakai toga. Resiko sudah diambil pokoknya maju terus vroh!

Ya, akhirnya saya maju terus. Setelah mengalami kegagalan demi kegagalan, akhirnya pada percobaan yang ke 150 program saya selesai juga. Puas rasanya bisa mengerjakan hal berat seorang diri. Mantap!

berhasil membuat skripsi flash stikom bali denpasar
Berhasil setelah 150x percobaan
Andaikan saya berhenti di percobaan 149 lalu menyerah, mungkin semuanya juga akan berakhir dan tidak ada cerita ini.

Tulisan ini saya tujukan kepada sobat semua yang sedang berusaha dan untuk saya saat ini juga. Janganlah menyerah karena sesungguhnya keberhasilan adalah kumpulan dari kegagalan itu sendiri. Ketika kita menyerah, tidak ada yang pernah tahu apakah hanya dengan satu langkah lagi kita akan berhasil. Kata-kata ini saya karang sendiri berdasarkan pengalaman pribadi. Jika ada kesamaan itu hanya karangan atau fiktif belaka.

Oh iya satu lagi...

Suka dapat membuat semua orang berbuat hal gila dan berani mengambil resiko, trust me it's not a joke...

Good jack night, semoga menginsprirasi.
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

Ada pertanyaan serius? Ingin segera dijawab? Silakan ajukan pertanyaan melalui halaman Contact Person atau chat langsung via Telegram app, thank!