June 16, 2015

Carrier billing VS BNI debit online, mana yang lebih murah?

Sekarang pengguna smartphone di Indonesia sudah dimudahkan dengan berbagai fasilitas untuk membeli konten digital atau aplikasi, khusus yang saya bahas kali ini adalah kemudahan membeli aplikasi di Google Play Store. Selain harga yang tertera sudah dalam bentuk rupiah, kita sebagai user dari Indonesia juga sudah dimudahkan untuk membeli aplikasi dengan cara potong pulsa, jadi tidak perlu membuat kartu kredit segala. Selain carrier billing, ada cara lain yang bisa kita gunakan untuk membeli aplikasi tanpa harus mempunyai kartu kredit dan saya lumayan sering menggunakan layanan ini, yaitu BNI debit online. Pada postingan ini akan saya bahas mana yang lebih murah antara menggunakan carrier billing atau layanan BNI debit online, atau biasa disebut VCN (Virtual Credit Number).

Berdasarkan info yang saya baca, saat ini operator seluler Indonesia yang sudah menyediakan fasilitas carrier billing adalah XL, TELKOMSEL dan INDOSAT. Setelah membaca secara detail prosedur dan biaya, sobat akan dikenakan biaya tambahan PPN 10% dan bea jasa 2%.

Jadi misalkan membeli aplikasi yang harganya Rp. 20.000, total pulsa yang dipotong adalah Rp. 22.400. Hmmm lumayan banyak juga ya. Tarif ini berlaku untuk ketiga operator yang saya sebut tadi.

Bagaimana dengan BNI debit online? Berdasarkan pengalaman saya, sobat hanya dikenakan biaya sms saja. Jadi sms pertama adalah pesan yang isinya request VCN terlebih dahulu. Formatnya REQ VCN NOMINAL. Lalu sms kedua adalah mengisi secara acak PIN ATM. Biaya per sms adalah Rp. 550. Jadi total biayanya adalah harga aplikasi ditambah Rp. 1100. Misalkan membeli aplikasi yang harganya Rp. 20.000, berarti totalnya adalah Rp. 21.100. Wah beda tipis ya...

Nah bagaimana kalau harga aplikasi tersebut diatas Rp. 50.000? Sudah tentu menggunakan carrier billing akan dikenakan biaya yang lebih besar. Beda dengan VCN, total biaya yang kita keluarkan hanya Rp. 51.100.

Carrier billing VS BNI debit online
membeli POWER AMP full version menggunakan BNI debit online
Screenshoot diatas adalah aplikasi terakhir yang saya beli di Google Play Store.

Jadi kesimpulannya, kalau aplikasinya memang murah saya rasa memang lebih baik menggunakan carrier billing saja. Tapi kalau sampai ratusan ribu, saran saya lebih baik menggunakan VCN. Tapi kalau ada pulsa lebih, ada baiknya transfer ke nomor hp saya saja, hahaha...
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

Ada pertanyaan serius? Ingin segera dijawab? Silakan ajukan pertanyaan melalui halaman Contact Person atau chat langsung via Telegram app, thank!