June 14, 2015

2 kelebihan Telegram dibanding aplikasi chat smartphone masa kini

2 kelebihan Telegram dibanding aplikasi chat smartphone masa kiniKebetulan kemarin Jum'at diadakan kembali gathering Google Nexus Community Indonesia regional Bali, terlintas di pikiran saya untuk membahas aplikasi chat satu ini, karena kami para anggota komunitas memang menggunakan telegram untuk saling berdiskusi. Dibanding aplikasi yang lain seperti whatsapp, line, bbm, viber dan sebangsanya, bagi saya telegram mempunyai fitur yang sangat menarik, terutama pada bagian grup. Menarik bagi saya karena di aplikasi lain belum ada fitur yang dimiliki oleh telegram. Ada dua hal yang membuat saya kepincut dengan telegram, meskipun masih belum banyak orang yang menggunakannya.

Sebelum membahas hal tersebut, perlu saya beritahu kesamaan telegram dengan aplikasi lainnya. Telegram sama seperti line, mempunyai user id, contohnya @namasaya. Namun user id ini bukan digunakan untuk add friend, tapi mention seseorang di grup.

Telegram juga mengidentifikasi teman melalui kontak, jadi apabila ada teman yang menggunakan telegram, aplikasi ini akan langsung menampilkan siapa saja yang sudah menggunakan telegram.

Oke lanjut, apa saja fitur menarik yang saya maksud di atas?

Adanya opsi reply (quote) di grup
Pernah buka kaskus? Atau forum sejenisnya? Dengan adanya fungsi reply jadi kita bisa tahu seseorang membalas chat yang mana dimaksud. Masih bingung? Saya beri contoh. Misalkan A, B, C, D, E dan F sedang berdiskusi di grup:

A; besok jalan yuk
B: ah lusa aja, besok aku sakit nih
C: iya nih besok juga rencana aku ijin sakit, gimana kalo lusa?
D: aku juga bro, besok aku rencana mendaki gunung hua kuo, tapi sebulan baru pulang
E: yah ga asik dong kalo ga ada di F, kita tunggu si F gimana?
F: oke, boleh juga

Nah perhatikan si F, si F balas chat siapa? Bingung kan? Beda di telegram, si F bisa mengutip salah satu chat diatasnya, jadi kita tahu si F balas chat siapa. Contoh:

A; besok jalan yuk
B: ah lusa aja, besok aku sakit nih
C: iya nih besok juga rencana aku ijin sakit, gimana kalo minggu depan?
D: aku juga bro, besok aku rencana mendaki gunung hua kuo, tapi belum tentu bisa pulang
E: yah ga asik dong kalo ga ada di F, kita tunggu si F gimana?
F: "iya nih besok juga rencana aku ijin sakit, gimana kalo minggu depan?" oke, boleh juga

Dengan adanya reply, jadi si F bisa mengutip chat si C, jadi kita tahu si F sedang membalas chat si C, bukan yang lain, menarik bukan?

Bandingkan dengan grup di aplikasi yang lain, begitu banyak pertanyaan lalu ada yang menjawab OKE, saya sendiri bingung orang itu sebenarnya membalas chat siapa.

Notifikasi bagi user yang sedang silent di grup
Seringkali kita terganggu dengan notifikasi bejibun di grup, sedangkan kita tidak terlalu perlu dengan pemberitahuan tersebut. Lalu bagaimana misalkan seandainya ada hal penting yang sedang dibahas? Nah dengan adanya user id, kita bisa mention seseorang agar notifikasi muncul meskipun notifikasi dinonaktifkan. Masih bingung? Contohnya:

A; besok jalan yuk
B: ah lusa aja, besok aku sakit nih
C: iya nih besok juga rencana aku ijin sakit, gimana kalo minggu depan?
D: aku juga bro, besok aku rencana mendaki gunung hua kuo, tapi belum tentu bisa pulang
E: yah ga asik dong kalo ga ada di F, btw F kok ga nongol sih, nongol dong @F

Kita kondisikan si F tidak menyalakan notifikasi atau dalam kondisi silent. Dengan menggunakan mention si F akan tetap mendapatkan notifikasi sekalipun dia sedang silent.

Baru! Notifikasi yang berulang
Fitur telegram yang satu ini baru saja saya temukan. Misalkan detik ini ada notifikasi masuk, lalu sobat sedang sibuk dan tidak mendengarkan notif tersebut. Nah pada aplikasi sobat bisa mengulang (loop) notifikasi dengan isi pesan yang sama. Pengulangan mulai dari 5 menit sampai 10 menit. Contoh di jam 20.00 sobat mendapatkan pesan, lalu mengeset pengulangan tiap 5 menit. Jadi di jam 20.05, 20.10, dan selanjutnya di kelipatan 5 menit notifikasi akan terus muncul dengan isi pesan yang sama.

Sementara baru itu saja fitur menarik yang saya dapatkan, mungkin nanti akan saya bahas lagi kalau ada yang perlu dibahas. Terlepas dari dua hal tersebut bagi saya kekurangan telegram hanya kurang populer saja, padahal menurut info yang saya baca tingkat keamanan telegram sangat tinggi sekalipun ini aplikasi gratis.

Ada sobat blogger yang menggunakan telegram juga? Kalau ada silakan isi di kolom komentar, nanti saya add :)

2 comments:

  1. Masih sangat sedikit sekali yang menggunakan telegram😀

    ReplyDelete
  2. Penggunanya ada 50juta, tapi belum sepopuler whatsapp, apalagi BBM

    ReplyDelete

Ada pertanyaan serius? Ingin segera dijawab? Silakan ajukan pertanyaan melalui halaman Contact Person atau chat langsung via Telegram app, thank!