13 Juli 2014

Akhirnya berhasil install GADMEI UTV330 di Windows 7 64bit


Tv tuner ini tersimpan rapi di kotak gudang karena sudah tidak saya gunakan kurang lebih selama 4 tahun lamanya. Saya membeli tv tuner ini sekitar tahun 2010 lalu ketika masih tinggal di kosan, jaman kuliah dulu. Daripada beli tv lebih baik menggunakan tv tuner saja untuk menghemat biaya listrik dan tempat. Namun seiring berjalannya waktu ternyata tv tuner ini tidak dapat digunakan lagi karena tidak ada driver untuk Windows 7. Kalau tidak salah ingat, dulu saya pernah mencoba menginstall di Windows 7 32bit. Tetapi karena tidak mau juga ya sudahlah saya simpan kembali mungkin lain kali bisa digunakan.

Kebetulan sekarang di rumah sudah menggunakan parabola dan saya tidak tega melihat antena tv yang menggangur seperti pemiliknya. Atas dasar keprihatinan tersebut otak saya menggerakannya tangan untuk segera membuka box di gudang dan mengambil tv tuner ini untuk dicoba di pc saya.

Oke kita sudahi basa-basinya. cara ini sudah saya coba dan tv tuner berhasil digunakan pada Windows 7 64bit.

Langkah pertama copy semua isi CD driver bawaan di hard disk. Klik kanan pada autorun, klik properties, pindah ke tab Compability, beri centang pada "Run this program in compatibility mode for:", lalu pilih Windows XP (Service Pack 2), klik Apply lalu OK. Lihat gambar di bawah:
install GADMEI UTV330 di Windows 7 64bit
Klik 2x autorun, install APP dan USB Driver pada komputer sobat masing-masing. Apabila ada pilihan restart biarkan komputer restart.

Hubungkan tv tuner ke USB sampai muncul notifikasi di windows, sebelah kanan bawah.

Nah sampai sini prosesnya sudah sampai di tengah jalan, aplikasi sudah bisa dibuka tetapi ada pesar error entah apa itu lupa saya, yang jelas tv tunernya belum ada suara dan gambar tetapi aplikasinya sudah bisa dibuka. Untuk mengatasi masalah tersebut download terlebih dahulu update drivernya melalui link di bawah ini:

http://www.4shared.com/zip/s7H-35Buba/utv330_win7_64bit.html

Setelah berhasil download, extract file tersebut di hard disk sobat, pastikan tidak ada kulit manggisnya hehehe.

Klik kanan pada Computer lalu pilih manage, pilih Device Manager.

Lihatlah pada bagian "Sound, video and game controllers", di sana akan muncul USB TV Device dengan tanda seru. klik kanan lalu pilih "Update Driver Software...".

Arahkan ke file yang sudah sobat download tadi, sampai driver berhasil terinstall.

Restart komputer dan jreng jreng! Driver UTV330 berhasil terinstall di Windows 7 64bit.

Ini bukti kalau saya memang berhasil hahay:
Akhirnya berhasil install GADMEI UTV330 di Windows 7 64bit
Apabila sobat masih kesulitan, silakan kontak saya melalui link sosial media di sidebar blog ini, dengan senang hati saya akan membantu.

4 komentar:

  1. Om kalo d windows 8 gimana caranya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo di win 8 atau win 8.1 set app compatibility ke windows xp

      Hapus
  2. kok punya saya ga insttal drivernya

    BalasHapus

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only