June 28, 2014

Susahnya main terompet

Bagi saya inilah alat musik yang beda daripada yang lain. Jangankan berirama, membuatnya bersuara saja susahnya minta ampun. Sebagai perbandingan sobat pasti pasti pernah memainkan gitar. Ya gitar kalau dipetik akan bersuara. Drum jika digebugin akan bersuara, sama juga dengan alat musik lain seperti piano, bass, serta alat musik lainnya. Nah bagaimana jika terompet? Bagi yang pertama kali berniat memainkannya, saya yakin 99,9% ketika meniupnya pasti tidak mau bersuara, dijamin!

Itulah pengalaman manis nan kecut yang saya alami ketika mempunyai terompet. Pikiran saya ketika ditiup akan bersuara, sama halnya seperti gitar yang jika dipetik akan bersuara, meskipun tidak berirama paling tidak kita bisa membuatnya bersuara.

Tidak bisa saya bayangkan betapa susahnya orang bermain terompet, ternyata ada tekniknya, tekniknya ya harus pintar memainkan bibir. Dengan membuat efek suara seperti lebah paling tidak sobat akan senang sudah bisa membuat terompet bersuara. Seperti apa suara lebah? Kurang lebih jika diterjemahkan dengan bibir suaranya seperti "berbbrrrbr". Kalau "barabere" lain lagi ceritanya.

Meskipun demikian setelah berlatih dua hari saya sudah bisa memainkan terompet, sekedar membuatnya bersuara saja. Ada yang heran kok bisa. Sedikit cerita sebenarnya saya sudah ingin punya terompet sejak SD dulu, tahun 1997 sejak era ska booming di indonesia, keracunan melihat video klip bruce lee milik jun fan gung foo di tv. Tapi apa daya aku hanyalah anak SD. Syukurlah setelah berkepala dua koma tiga bisa memilikinya. Dan hingga kini karena sering main dan ada efek sukanya saya sudah bisa membuar irama lagu, meski terkadang lupa dengan pola bibir.

Itulah sepenggal pengalaman saya bermain terompet. Akan sangat senang bila ada sobat blogger juga yang suka main brass share di sini bagaimana teknik bermain yang benar. Bila perlu nanti kita bikin band, nama bandnya lebah racun haha. Ditunggu komentarnya, SKA SKA SKA!!!

terompet ska
terompet
UPDATE:
Dijual terompet milik saya masih dalam kondisi baik, tone mantap untuk musik SKA, bagi yang berminat diutamakan COD daerah Bali, info dan harga silakan kontak melalui komentar di bawah, terimakasih.

10 comments:

  1. terus belajar, dan berusaha. serta yakinkan dirimu sendiri bahwa kau bisa :D

    ReplyDelete
  2. baru tahu nih kalau ternyata main terompet itu sulit ;)

    ReplyDelete
  3. Semangat, Sob!

    Dulu aku anak marching band, megang trumpet. Fokusnya sih konon sebenarnya bukan pada bibir, melainkan pada nafas. Harus bulat dan hangat supaya suara yg keluar jernih, hehe....

    ReplyDelete
  4. Hihi ngebayangin pipi gembol kalau niup alat ini

    ReplyDelete
  5. kalau saya pikir dari seluruh alat musik,terompet dan sejenisnya paling tidak masuk akal,ya... mulai dari cara memainkannya yang sulit seperti yang agan bilang sampai dengan tidak bisa di pakai buat iringi lagu kalau lagi galau,...hahahahahha,coba hayo gimana kalau mau iringi lagunya slank make terompet,pasti bingungkan,lain kalau pakai gitar hehehe.. salam

    ReplyDelete
  6. ane kira gampang main terompet, lihat doang emang gampang :D

    ReplyDelete
  7. Kalian ada x skill untuk memantapkan tiupan trompet

    ReplyDelete
  8. Ilham kurmala19/6/17 11:33 PM

    Biaya berapa?
    Butuh gan soalnya buat band saya kurang 1.

    ReplyDelete

Ada pertanyaan serius? Ingin segera dijawab? Silakan ajukan pertanyaan melalui halaman Contact Person atau chat langsung via Telegram app, thank!