19 Mei 2010

Tips mendapatkan sinyal 3G di modem

sinyal 3g modemDari dulu saya sebenarnya ingin sekali mendapatkan kecepatan yang sepadan dengan apa yang dikatakan oleh provider broadband, yaitu mendapatkan sinyal 3G di modem. Ini sangat penting bagi saya mengingat pekerjaan saya sering terganggu di tengah jalan karena tiba-tiba sinyal internet putus, atau tiba-tiba down menjadi GPRS, lambatnya minta ampun, bagi teman-teman yang suka download saya yakin 100% sakit hati dibuatnya. Bagaimana tidak, file yang sudah berjalan 98% tiba-tiba jreng! Hilang! Postingan kali ini saya ingin berbagi tentang trik saya mendapatkan sinyal 3G yang awalnya sama sekali tidak ada sinyal (harap perhatikan kata yang dicetak tebal), jadi dengan trik ringan ini saya harap teman-teman bisa juga mendapatkan sinyal 3G, oke lanjut...

Langsung saja,
Tapi sebelumnya harap diperhatikan, pastikan daerah teman-teman sudah berada di area sinyal 3G (lagi-lagi perhatikan kata yang dicetak tebal). Jangan salahkan saya jika trik ini tidak berhasil karena bagaimana pun juga teman-teman tidak akan mendapat sinyal 3G jika daerah tempat tinggal memang tidak ada sinyal 3G.

Lalu bagaimana dengan judul postingan ini? Maksud sebenarnya adalah bagaimana caranya kita mendapat sinyal 3G di tempat yang sudah tercakup area 3G tetapi tidak mendapat sinyal 3G. Atau dengan kata lain posisi kita sekarang mendapat sinyal 3G yang lemah.

Seperti kata saya tadi, posisi sekarang saya memijakkan kaki sebelum melakukan trik ini sama sekali tidak mendapat sinyal! Jangankan 3G, GPRS saja blank! Tetapi tempat saya sekarang ini sudah tercakup area 3G hanya saja sinyalnya sangat lemah, bahkan GPRS tidak bisa dideteksi oleh modem.

Sudah mengerti? Sekarang siapkan:
  • Modem
  • Kaleng biskuit
  • CD/DVD bekas
Ikuti dan perhatikan langkah berikut, jangan dibalik atau ditukar!
  1. Masukkan modem di port USB
  2. Taruh CD/DVD di bawah modem
  3. Dekatkan kaleng biskuit di samping modem atau di mana saja yang penting dekat dengan modem
  4. Jalankan driver modem (pastikan ini yang terakhir)
  5. Selesai
Jika belum jelas, perhatikan gambar berikut:

Maaf agak buram, maklum waktu membuat postingan ini sudah sore menjelang malam.
Simpel, murah dan kreatif kan...

Believe it or not, dari sama sekali tidak mendapatkan sinyal apa pun namanya, sekarang saya mendapat sinyal 3G sebanyak 3 bar, not bad.

Bagaimana dengan kecepatan yang saya dapat? Lihat sendiri dan 100% bukan rekayasa!


Sekedar tambahan,
Jika modem menanpilkan sinyal yang berubah-ubah, misal dari 2G menjadi 3G dan sebaliknya, rubah options modem agar hanya mendapat sinyal 3G.Cara ini efektif agar modem selalu mendapat sinyal 3G tetapi jika memang turun menjadi 2G, koneksi akan tiba-tiba putus.

Jangan cuma dibaca, ayo coba!

5 komentar:

  1. sayangnya belum punya modem saya, haha

    BalasHapus
  2. Mantap Postingnya Bro....
    Slam kenal & sekalian tukar link...

    BalasHapus
  3. wah.. tips dan trik yang keren dan kreatif boss

    BalasHapus
  4. Wah... sinyal saya juga sering ngedrop dari 3G ke 2G. Stlh setting modemny saya ganti spt yg di postingan, 3G ny lsg muncul ahahaa... Kl pun ngedrop, dy disconnect. Thx y.

    BalasHapus
  5. waaah... mantep Bro..

    ngebut banget sinyalnya setelah pake kalong..

    trima kasih yaaa...

    BalasHapus

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only