21 Maret 2010

Mengetahui penyebab index Bing melemah

Salah satu search engine yang mulai menyaingi Google adalah Bing. Saya sendiri kadang mencari informasi lewat Bing jika hasil yang saya dapat dari Google kurang memuaskan. Dan ternyata mesin pencari Bing ini tidak bisa diremehkan, beberapa hal atau informasi yang tidak bisa kita dapatkan di Google ternyata bisa didapatkan di Bing. Oleh karena itu saya jadi penasaran dengan blog ini di mata Bing, apakah hubungannya masih dekat atau malah saling cuek. Sekitar tiga bulan yang lalu saya cek halaman blog ini yang terindex Bing hampir 100 lebih, tapi sekarang turun drastis menjadi sekitar 25 dan itu kadang naik kadang turun. Maka dari itu saya ingin mengetahui penyebab index Bing melemah pada blog ini.

Memang susah bagi saya yang masih awam tentang dunia SEO jika menghadapi masalah seperti ini. Yang saya ingat hanya dulu rutin posting dan blog ini hampir tidak berisi postingan review.

Lalu beberapa bulan terakhir karena lama tidak update dan banyaknya job review membuat blog ini penuh dengan postingan review. Sedikit pun saya tidak memisahkannya dengan postingan asli. Selain itu berkurangnya trafik blog ini mungkin menjadi salah satu penyebab index Bing melemah. Saya jadi ingat dengan postingan tips agar blog ramai pengunjung. Ternyata tips itu kurang maksimal jika kita tidak blogwalking.

Dari semua itu, saya tidak yakin betul apakah karena itu penyebab index Bing melemah pada blog ini, padahal index dari Google tetap stabil, begitu juga Yahoo.

Kesimpulan saya di sini adalah Bing mempunyai algoritma yang cukup adil untuk menilai blog dari segi postingan. Maksud saya begini, anggap saja Bing itu manusia, jadi Bing itu berkata:
Blog ini jarang diupdate, hukum aja ah, biar kapok ga dapat trafik lagi
Nah anggap saja pemikiran Bing seperti itu, jadi blog yang jarang diupdate mungkin saja dikurangi halaman index di Bing itu sendiri agar yang punya rajin posting, gitu kali ya?

Bagi master SEO yang tidak sengaja membaca postingan ini, mohon maaf jika pemikiran saya salah, anggap saja hiburan hehehe...

Dan terakhir, apakah diatara teman-teman ada yang mengetahui penyebab index Bing melemah?

Sumber gambar:
http://bvsg.org/

6 komentar:

  1. Wah saya ga ngerti seo mas..

    BalasHapus
  2. klo bing itu emang agak susah untuk ke indexnya made, mungkin bing itu prioritasnya backlink dari USA atau dari eropa karena sebagian besar target pasar bing ya disana itu. Klo untuk Indonesia sendiri kayanya ga begitu banyak pengguna internet yang pake search engine ini, pasti balik lagi ke Google dan Yahoo. Tapi ga pa2 sih buat nambah backlink hehehe.

    BalasHapus
  3. bing emang lama kalo indeks...... gw aja baru satu halaman yang keindeks dah sebulanan nih....

    BalasHapus
  4. @Fanz: mari kita sama-sama belajar :)

    @andy: kebetulan blog ini sudah masuk mas :)

    @heru: sabar mas, coba dengan cara saya :)

    BalasHapus
  5. kalo menurut saya sih ya, kita terlalu sering menggunakan free auto backlink yang banyak beredar, selain itu kalo saya perhatikan sih, blgspot yg pake domain co.cc jarang jg terindex bing, ntah knapa q jg ga taw,emank aneh itu bing, hahaha...

    BalasHapus
  6. Memang index bing lemah banget padahal setiap update artikel saya selalu masukkan ke bing

    BalasHapus

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only