28 Januari 2010

Percayalah, semua bisnis internet itu sama saja

Saya yakin waktu pertama kali teman-teman mulai terjun ke bisnis internet pasti bingung mau ikut ke bisnis yang mana. Itulah yang saya rasakan 3 tahun yang lalu, saya ingin mendapatkan penghasilan dari internet tapi bingung harus apa, bagaimana, mengapa dan sebagainya. Maka dari itu postingan ini saya buat untuk membantu teman-teman yang kesusahan memulai bisnis online. Sesuai dengan judul di atas, semua bisnis internet itu sama saja. Jika semua sama, lalu mengapa kita harus memilih satu atau dua dari semua bisnis internet yang ada?

Semua balik ke diri kita sendiri, saran saya coba lihat dulu potensi yang ada pada diri kita sendiri dan fasilitas yang kita punya. Belum paham? Maksud saya jika ingin terjun ke bisnis internet tersebut, coba lihat dulu apa saja kriteria yang harus dipenuhi agar kita bisa menjalankan bisnis tersebut dan seberapa banyak waktu yang kita miliki untuk menjalankan bisnis tersebut. Sebagai contoh saya gambarkan dengan pengalaman saya sendiri.

Google Adsense
Bisnis ini adalah bisnis pertama yang saya ikuti. Ada yang belum tahu apa itu google adsense? Singkatnya kita memasang iklan di blog kita lalu jika ada yang klik iklan tersebut kita akan dibayar, simpel bukan? Tapi dibalik semua itu sebenarnya bisnis ini sangat sulit, di mana kita harus menguasai trik-trik google adsense, SEO, desain website, konten yang bermanfaat, selain itu mendaftarkan diri ke google adsense gampang-gampang susah. Jika teman-teman belum pengalaman silakan gunakan jasa pembuatan akun google adsense. Apakah bisnis ini cocok dengan kriteria teman-teman?

Afiliasi Amazon
Adalah bisnis kedua yang saya ikuti. Tidak jauh dari google adsense di mana kita perlu blog juga untuk memajang barang-barang yang kita jual. Kita akan dibayar jika ada orang yang membeli produk yang kita jual. Bagi saya bisnis ini susah juga karena kita dituntut untuk pandai menjual barang. Apakah bisnis ini cocok dengan kriteria teman-teman?

PPC lokal
Sama seperti google adsense tapi bisnis ini bersifat lokal. Kita akan dibayar jika ada pengunjung yang klik iklan yang ada di blog kita. Sampai sekarang bisnis ini tetap saya jalankan dan hasilnya tidak bisa mencukupi kebutuhan saya, hanya untuk tambahan saja. Lagi-lag trafik adalah kunci agar bisnis ini sukses karena tanpa pengunjung klik tidak akan terjadi. Apakah bisnis ini cocok dengan kriteria teman-teman?

Perfect Money
Yang ini adalah favorit saya dan masih berkelanjutan. Hanya dengan memasang logo perfect money di blog maka kita akan dibayar. Penghasilan yang kita dapat tergantung dari PR blog kita lalu dikalikan $10. Namun bisnis ini memerlukan blog yang mempunyai PR minimal 3 dan harus TLD. Selain itu kadang saya dibuat was-was karena jika google menurunkan PR blog saya mati sudah bisnis ini. Apakah bisnis ini cocok dengan kriteria teman-teman?

Paid to Review
Seperti postingan saya sebelumnya, bahwa beberapa minggu terakhir saya mengkuti bisnis review di blog ini dan hasilnya bisa dibilang cukup memuaskan untuk blog berbahasa Indonesia yang cuma mempunyai PR 2. Bisnis ini sebenarnya gampang-gampang susah, dalam arti kadang blog kita yang mempunyai PR 0 bisa diterima bisa ditolak, selain itu kadang kala blog yang mempunyai PR 0 bisa mendapat job juga. Menurut saya page rank dan alexa rank menjadi kunci dalam bisnis ini. Agar lebih mantap, yang harus kita siapkan untuk bisnis ini adalah blog yang mempunyai PR minimal 3, alexa rank di bawah 1,000,000, ini menurut saya pribadi. Apakah bisnis ini cocok dengan kriteria teman-teman?

Sebenarnya masih banyak bisnis internet yang ada, saya sendiri sebenarnya banyak mengikuti bisnis internet tapi tidak ada yang serius karena saking banyaknya dan tidak cocok dengan keahlian dan jam terbang saya.

Itulah yang saya maksud semua bisnis internet itu sama saja. Sekarang tergantung diri kita sendiri, apakah pintar mencari trafik, jual barang, membuat review dan sebagainya. Silakan gali potensi yang ada pada diri teman-teman semua. Saya yakin semua orang bisa menjalankan bisnis di atas, tapi setiap orang pasti memiliki kelebihan masing-masing. Apakah teman-teman percaya semua bisnis internet itu sama saja?

23 komentar:

  1. akur bange nih made.. apa yang made utrakan betul sekali, thx dah mampir di hasilblog

    BalasHapus
  2. Wah jam terbang de sudah tinggi neh. . Aku bloger kumat2tan de,
    setahun perkenalan di blogspot sdah ckp kayakne,skrang mau serius mengais dolar.Walau cm 1 dolar . .Tapi aku
    kadang semangat kadang gak de. .
    N Sekarang ak mash bing gmana cr menaikan trafick alexa ne,ada saran gak?

    BalasHapus
  3. Jujur salut, ternyata Bli Made sudah pengalaman juga dalam bisnis internet. Terima kasih sudah disharingkan, makin sukses ya.

    Salam spektakuler !

    BalasHapus
  4. tergantung mau serius dimana, ya kan..

    BalasHapus
  5. nice post

    berkunjung n ditunggu kunjungan baliknya makasih

    BalasHapus
  6. kalo saya masih mengadalkan PTR sama PM aja

    BalasHapus
  7. saya pernah nyoba adsense, amazon dan perfect money, tapi belum pecah telurnya....ya itu tadi masalah trafik

    BalasHapus
  8. semua bsnis internet sama saja, sama-sama susah dan ketika tahap awal kita sukses, hanya tinggal menikmati kesuksesan berikutnya, hha

    BalasHapus
  9. Alexa Makin gemuk de. .Mending dompet yg makin gemuk

    BalasHapus
  10. jadi bingung mau ikutan yang nama ya?

    BalasHapus
  11. sama2 menghasilkan uang. hehe...

    BalasHapus
  12. Setuju blih, semua bisnis emang sama. Sama2 ngasilin duit asalkan kita tau caranya. Ya ga sich....... buat yg blom tau buruan cari tau secepatnya

    BalasHapus
  13. menurut saya sendiri, pada prinsip dasaranya bisnis online itu memang sama saja tapi pada penerapannya sangat jauh berbeda dalam arti beda taktik, beda metode, beda perjuangannya, dan tentu juga beda hasil yang didapat. Just My Opinion Om.

    BalasHapus
  14. Kalau saya bli, pilih PM dan Paid Review aja. Google Adsense sie uda ikut, tapi payoutnya yang gede. Lama banget bisa nyampe segitu.

    BalasHapus
  15. iya memang sama2 dapet duit

    BalasHapus
  16. Sayang ya PM ga bisa untuk blogspot

    BalasHapus
  17. kalo tiyang review aja...walopun kadang ga banyak dapet..tapi menjanjikan dan menyenangkan hihih!!!

    BalasHapus
  18. saya pingin tahu tentang google dasense
    pingin tekuni tapi belum tahu caranya
    Thx

    BalasHapus
  19. zaenal arifin22/4/10 11:42 PM

    tulisan yang mengena, karena sya juga mengalami hal sama, bagaimana saat kita mulai terjun ke bisnis di internet.
    tapi semua itu memang harus kita lalui, ayo terus teman-teman kita jadikan internet sebagai lahan kita untuk mencari nafkah.
    salam,

    zaenal arifin
    http://www.phpscriptsonline4u.com
    web store menyedia alat-alat pendukung bisnis di internet

    BalasHapus
  20. sebetulnya sih menurut saya sama aja tergantung orang yang mengelola bisnis aja. karena kan semua orang memiliki sistem pengelolaan yang berbeda beda
    Sewa Mobil Surabaya
    Rental Mobil Surabaya

    BalasHapus
  21. Usaha apa aja itu sama, tapi soal cara dan penghasilannya aja itu yang berbeda
    Wallpaper Murah di Kota Surabaya

    BalasHapus
  22. Usaha internet terutama Online Marketing memiliki benefit yang bisa dikatakan sangat tinggi dibandingkan dengan yang lainnya
    Wallpaper Sangat Murah di Kota Surabaya

    BalasHapus
  23. bisnis itu memiliki keuntungan yang sangat luar biasa jika kita bisa mengelola dan mengurus dnegan baik
    Jual Wallpaper Surabaya Harga Murah

    BalasHapus

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only