August 25, 2009

Mampukah twitter menghasilkan jutaan rupiah?

Mengingat twitter mulai mampu menyaingi kepopuleran facebook di Indonesia, membuat saya menjadi penasaran bagaimana twitter bekerja. Ada yang belum tahu twitter? Jadi begini, twitter itu sama seperti facebook, tapi lebih simpel, di mana kita hanya bisa membuat postingan (atau dalam twitter dikenal dengan istilah tweets). Kita hanya bisa upload dua gambar, satu untuk gambar profile dan yang satunya lagi untuk gambar background (bila diperlukan). Dan yang lebih beda lagi, jika kita ADD teman, teman tersebut belum tentu menjadi teman kita, bingung? Tenang, nanti saya jelaskan. Lalu, bagaimana tentang twitter yang bisa menghasilkan jutaan rupiah? Apakah mungkin? Jawaban saya 50:50. Mengapa begitu? Kalau mau tahu, baca selengkapnya donk!

Makasih ya udah mau baca, hehehe...


Kembali ke topik utama, twitter memang bisa untuk dijadikan lahan penghasilan, tapi sepertinya broker-broker twitter perlu kita pertimbangkan lagi. Maksudnya begini, ketika kita setuju dengan penawaran sponsor, maka pada saat itu juga si sponsor bisa mengambil penuh kendali profile kita. Jadi, akun twitter teman-teman mempunyai dua admin.

Ini adalah beberapa bisnis twitter yang saya ikuti lengkap dengan pengalaman saya:

RevTwt

Yang ini memang sudah terbukti menghasilkan recehan. Cara kerjanya sama seperti adsense, yaitu si sponsor menyebarkan iklannya lewat twitter kita.
Jika teman-teman ada yang berminat, bisa langsung menuju RevTwt.

SponsoredTweets

Yang ini sudah saya ikuti dan sudah daftar tapi disuruh menunggu sampai twitter saya berumur 4 bulan, setelah itu baru bisa dilihat oleh advertiser. Mohon maaf saya tidak bisa memberi gambaran tentang bisnis ini.



Jika teman-teman ada yang berminat, bisa langsung menuju SponsoredTweets.

Twittad

Nah sesuai dengan judul postingan ini, yaitu mampukah twitter menghasilkan jutaan rupiah, inilah jawabannya. Saya juga masih bingung dengan bisnis ini. Ceritanya begini, setelah saya mendaftar di twittad, saya memasang harga $5 per 1 minggu jika ada advertiser yang ingin menyewa twitter saya. Tapi setelah satu minggu, tidak ada email juga. Karena kesal saya batalkan penawaran tersebut dan berniat untuk menurunkan tarif. Eh tiba-tiba ada pesan aneh:




Ingin hati ini menurunkan tarif eh malah ada penawaran gila, langsung aja saya klik "Place My Sell Request". Harga ini dipatok untuk 1 bulan.



Wah senangnya, sekarang saya tinggal menunggu uang mengalir, hehehe...


Seminggu berlalu, tapi tidak ada konfirmasi dari advertiser, kesal lagi akhirnya. Lalu saya batalkan lagi penawaran ini, tapi tunggu dulu...



Wah kayaknya advertiser itu ngajak main-main. Tawaran untuk twitter saya makin gila aja. Ya udah deh, untuk yang kesekian kalinya, saya mengalah. Saya tunggu konfirmasi tawaran ini selama satu minggu lebih, berakhir pada tanggal 26 Agustus 2009.


Nah jika ada teman-teman yang tertarik, langsung bisa menuju ke Twiitad.


Terakhir, be-a-magpie
Nah kalau yang satu ini, sama gilanya juga, bahkan lebih gila. Teman-teman mau bukti?



Setelah satu hari pendaftaran, saya sudah menerima email dari be-a-magpie yang isinya ada advertiser yang ingin beriklan di twitter saya, tapi saya tolak, kenapa? Karena sistem penghasilannya PER SALE. Jadi, setiap barangnya yang terjual, saya hanya mendapat komisi sebesar 2,1% per penjualan, kecil ya?


Teman-teman bisa memilih penghasilan mana yang cocok dengan keinginan teman-teman di be-a-magpie. Untuk saya sendiri, saya hanya memperbolehkan iklan PER VIEW dan PER CLICK, sedangkan untuk PER LEAD dan PER SALE saya block.



Bagaimana? Ada teman-teman yang tertarik? Kalau belum punya twitter, buat sekarang juga mumpung gratis, hehehe... Kalau followersnya masih sedikit, silakan tunggu postingan saya selanjutnya tentang bagaimana cara mendapatkan banyak followers di twitter, okeh?


Ada yang kurang jelas?



26 comments:

  1. saya termasuk salah satu orang yg buta twitter :D sampai saat ini belum pernah buka atau pun daftar, ntar coba ah..

    ReplyDelete
  2. Ooh gitu tho aku tinggal di Bandung Jawa Barat bli and tau lah aku daerah margacinta itu daerah buahbatu di sebutnya emang punya saudara di margacinta...??

    ReplyDelete
  3. @ wira: silakan daftar bli, siapa tahu lebih untung daripada saya :) Oya bli wira ini dosen stikom ya???

    @ Budy santoso: betul kang, cepat lambatnya halaman web yg kita buka, selain karena web itu sendiri, hal ini dipengaruhi oleh kecepatan koneksi internet kita juga, mungkin pada saat itu speedy ada gangguan, ini wajar-wajar aja mengingat pengguna speedy banyak sekali. soal margacinta saya ada rumah di sana kang :)

    ReplyDelete
  4. @ok sobat, thanks banget infonya, salam sukses selalu

    ReplyDelete
  5. Wah aq punya twitter tapi aku sia-siakan karena memang gk tahu mau di apain :???: facebook saja sudah lama aku gak tengok karena aq ngerasa tidak ada enak nya (sudah bosen). Memang ada tips untuk mendapakan recehan dari sana bli made ??? kalo begfitu aku tunggu postingan berikutnya kali aja aq juga bisa dapat recehan dari twitter.

    ReplyDelete
  6. @ heru: sama-sama mas, sukses juga ya :)

    @ sgharjono: nah dari sekarang manfaatkan twitter untuk su mber penghasilan mas, sebenarnya ini postingan untuk mendapat recehan dari twitter, untuk selanjutnya saya akan bahas bagaimana cara mendapatkan followers yang lumayan banyak, salam kenal juga mas :)

    ReplyDelete
  7. sepertinya mau nyoba juga neeh, baru taraf rencana seeh

    ReplyDelete
  8. @ kawanlama95: silakan kawan kalau mau dicoba :)

    ReplyDelete
  9. Hhmm..bisa yawh,....
    selama ini belum memanfaatkan Tweet secara optimal

    ReplyDelete
  10. Mau..mau..!!!
    Langsung ke tkp, kali aja diajak "main" spt sampeyan hahaha...

    Ditunggu postingan berikutnya Kang..., karena follower masih dikit!

    ReplyDelete
  11. @ bocahbancar: manfaatin sekarang juga mas :)

    @ hade: iya mas, siapa tahu lebih untung daripada saya, soal followers nanti saya posting lagi :)

    ReplyDelete
  12. Wedew, sekarang gak hanya blog, ternyata twitter juga bisa mengahsilkan $$$ rupanya, xixiix...
    Thx buat info'x bro...

    ReplyDelete
  13. @ Narzis Blog's: betul mas, sama-sama :)

    ReplyDelete
  14. kalo aku dah lama gelutin ini, dari magpie, twtad, belum ada tawaran satupun... tapi aku akan telusuri lebih jauh..lagi...
    mnurut saya twitter memang alat promosi yang ampuh...

    ReplyDelete
  15. wah met cari dollar aj deh

    ReplyDelete
  16. @ famdy: saya juga dulu gitu mas kecuali be-a-magpie, salam kenal :)

    @ tiyo avianto: makasih mas, semangat ya kontesnya :)

    ReplyDelete
  17. Ak udah pnya akun twitter, dan trbukti bs mnambah dollar.., ak jg udah gabung yg di revtwt. Yg lainya menyusul

    ReplyDelete
  18. @ ekosulistio: betul mas revtwt sudah terbukti, silakan kalau mau ikut yang lain, ditunggu kabarnya :)

    ReplyDelete
  19. kayaknya itu tergantung jualan sama marketingnya deh. Wong ikut2an backlink juga bisa dapet jutaan kok hihihihi... ngaburr...

    ReplyDelete
  20. @ barcode printer: wah saya belum bisa tuh main2 pakai backlink, lain kali mohon bimbingannya ya :)

    ReplyDelete
  21. UPDATE!!!

    sepertinya belakangan ini twiitad susah diakses

    URL twitter saya sudah saya ganti, menjadi @MadeGelgel

    silakan follow kalau ada yang mau :)

    ReplyDelete
  22. Gara2 ikutan program yang begituan, akun twitterku ke banned. Nasib... nasib...

    ReplyDelete
  23. kalau boleh saya kasi saran mas, sebaiknya frekuensi ads diatur, misalnya 1 twiit setelah 5 twiit dari mas sendiri, sejauh ini saya biasa aja mas :)

    ReplyDelete
  24. Langsung ke TKP boss..thank infonya :)

    ReplyDelete
  25. @ rawink: sama-sama mas :)

    ReplyDelete
  26. wah mantap infonya mas,cuman kalau dapat beri info dan penjelasannya lebih detil lagi bos,maklum masih agak telme inggriosnya bos.
    Yang mau Following saya langsung aja klik.

    ReplyDelete

Ada pertanyaan serius? Ingin segera dijawab? Silakan ajukan pertanyaan melalui halaman Contact Person atau chat langsung via Telegram app, thank!