May 6, 2009

Tips agar blog ramai pengunjung

Bosan kan sudah capek-capek buat blog tapi sepi pengunjungnya? Itulah hal yang saya alami sekarang. Sebagian besar isi blog ini adalah hasil pemikiran saya sendiri, walaupun ada beberapa tulisan yang saya ambil dari sumber lain, saya pasti akan mencantumkan penulisnya. Tapi saya cukup senang karena kadang ada saja orang nyasar ke blog jelek ini, hehehe... Melihat fakta yang ada, membuat saya berusaha lagi agar blog ini sedikit demi sedikit diketahui banyak orang. Inilah beberapa tips yang mungkin bisa membantu blog teman-teman ramai pengunjung.


  • Bagaimana pun juga blog akan ditujukan kepada orang banyak, baik orang yang kita kenal maupun orang yang tidak kita kenal. Seperti deskripsi blog ini, "Bagai rumah kedua bagi dirinya...". Jadi berusahalah agar blog kalian enak dilihat oleh banyak orang. Di internet banyak sekali skin blog yang bagus. Kalau mau coba aja lihat skin buatan kang Rohman yang top marketop! Kalau sudah ahli di bidang CSS atau XML, gak masalah mau pakai skin buatan sendiri.


  • Masalah penampilan blog sudah selesai, sekarang lanjut ke isi blog. Isi blog bisa macam-macam, contohnya saja kejadian yang kita alami setiap hari. Nah biasanya nih, kadang kita kehabisan konten blog kita, apa yang harus kita tulis? Untuk menghadapi masalah ini, topik bisa kita cari dengan BlogWakling dan melihat kejadian yang lagi "panas". Dengan ini, tentu saja blog kita menjadi perhatian banyak orang.


  • Isi blog sudah selesai, apa yang harus kita pikirkan lagi??? Yap betul! Penggunaan bahasa dan panjang kalimat. Pikirkan dulu blog kalian ditargetkan untuk orang mana, Indonesiakah atau orang luar. Jika orang Indonesia, tentu saja kita harus menggunakan bahasa Indonesia. Apakah sudah selesai? Belum, ini belum selesai. Setelah menemukan target, langkah selanjutnya kita harus mentargetkan umur pembaca blog kita. Nah biasanya nih, kalau sasaran blog kita orang muda/remaja, sisipkanlah beberapa kata-kata gaul agar tulisan blog kita sesuai dengan jiwa mereka. Bagaimana soal panjang kalimat? Sesuai dengan fakta lapangan, internet di Indonesia belum gratis, betul kan? Jadi, agar tulisan blog kita dibaca sampai habis dan diberi komentar, usahakan membuat tulisan yang singkat padat dan jelas. Kira-kira 200-500 kata lah. Dengan trik ini, pembaca (apalagi dari warnet) mempunyai banyak waktu dan kemungkinan besar tulisan kita akan diberi komentar.


  • Langkah selanjutnya adalah mencari pengunjung/trafik. Kalau yang ini susah susah susah, eh maksudnya susah susah gampang, hehehe... Friendster dan Facebook adalah sumber trafik utama bagi sebagian besar blog Indonesia. Jadi usahakanlah berpromosi di situs tersebut dengan menggunakan bahasa yang sopan dan menarik. Dengan ini saya yakin gak sampai dua minggu blog kalian akan kebanjiran pengunjung! Ingat juga selalu menghormati kedatangan tamu di blog kita dengan cara membalas komentar mereka.

Sekarang waktunya saya memberikan tips jitu agar blog benar-benar ramai, mau? Oke deh...

Baik di blog atau di iklan, kita sering sekali melihat tulisan yang membahas tentang bisnis internet. Jika teman-teman mahir di bidang ini, silakan buatlah blog yang membahas tentang bisnis internet. Blog yang membahas bisnis internet sekarang ini menjadi incaran banyak orang. Nah kalau pun tidak bisa, jangan patah semangat, masih banyak jalan untuk membuat blog kita terkenal. Saran saya, usahakan bahas satu keahlian yang teman-teman miliki. Contohnya saja, selain blog kalian membahas kejadian sehari-hari, bahaslah topik yang benar-benar teman-teman kuasai seperti: ahli perakitan komputer, tamiya, fashion, bahasa HTML, atau hobby teman-teman masing-masing. Dengan ini tentu saja pengunjung akan terus-menerus mencari informasi di blog kita sesuai dengan kesukaan mereka. Selain itu, kalian bisa sharing dan saling mengisi agar pengetahuan tentang topik khusus yang kalian kuasai bertambah.

Nah kiranya hanya itu saja tips dari saya. Semoga denga tips ini blog teman-teman bisa ramai pengunjung juga. Kalau ada tips lain, tolong bagi-bagi di komentar ya!!!


29 comments:

  1. mimih, gambarne adi montor dogen liu :D

    ReplyDelete
  2. informasi yang menarik. setiap blogger pasti pengen blognya ramai dikunjungi

    ReplyDelete
  3. @ gdenarayana: nggih, hehehe :)

    @ Mengembalikan Jati Diri Bangsa: makasih, moga sukses kontesnya :)

    ReplyDelete
  4. aku sih bermodalkan search engine dan situs sosial bookmarking, lumayan lah buat nyedot pengunjung :)

    ReplyDelete
  5. """salam kenal..., :)..., boleh bertukar linknya.., thanks b4"""

    ReplyDelete
  6. selamat hari raya Idul Fitri 1430 H mohon maaf lahir dan bathin. Buat rekan2 blogger yang ini menaikan trafik blog silahkan berkunjung ke blog saya ada info baru, trims
    http://jun3th.blogspot.com/2009/09/cara-mudah-dapat-trafik-dan-backlink.html

    ReplyDelete
  7. infonya bermanfaat banget... thanks ya saya juga lagi bikin blog.. sudi kiranya suhu berkunjung ke
    blog saya.. koment nya sangat di tunggu nubi kayak saya..

    ReplyDelete
  8. makasih atas infonya...

    ReplyDelete
  9. yang mau trik internet lainnya..
    www.1001-trikinternet.co.cc

    ReplyDelete
  10. wah, sebelumnya saya berpikir demen2 nulis2 aj.. g sampe jauh2 begitu...

    ...tulisan yg sangat mendasar n mengena..hehe

    ReplyDelete
  11. Wuih , berarti bLog gw kudu masuk ke Fs ma Fb neeeeee.... waaa cepet2 !!eh, mas numpang tanya mo jadi Temen bLog gak??kunjungin Web saia ya mass ..www.thesoul.blogspot.com (Anime buatan gw mas)*_*

    ReplyDelete
  12. gimana tampilan blogku udah bagus apa blom menurut kalian?.........

    ReplyDelete
  13. Terima kasih artikelnya sobat....minta masukan blog saya sob

    ReplyDelete
  14. Tpsnya sangat membantu. thank's!!

    ReplyDelete
  15. Keren tipsnya......boleh nanti saya coba...eh kunjungi juga blog saya di
    http://agungputranugraha.blogspot.com
    ada tips,pengetahuan,puisi dll
    kunjungi yah...

    ReplyDelete
  16. wah mantap tipsna anak jembrana nih... oya sesama anak jembrana mari kita tingkatkan solidaritas di dunia maya ... lam knal yah mas.. kunjungi jg donk website saya ... klik nama saya

    ReplyDelete
  17. thanks for imformasi...

    ilmu gue jadi tambah

    ReplyDelete
  18. please visit us:
    http://blog3hari.blogspot.com

    ReplyDelete
  19. ak bru 3 blan ngeblog nih..jd suka buka2 blogger senior buat nyedot abis ilmunya...mksih infonya..sangat mbarokahi buat new bie kyak ak..

    ReplyDelete
  20. Salam,

    Terima kasih untuk info "Tips Agar Blog Ramai Pengunjung" nya. Saya agak tertarik untuk promosi weblog nya melalui trafik facebook atau twitter, maksudnya kita memasang tautan di tiap status kita atau beriklan di situs tsb? Trims

    althaftsabitah.blogspot.com

    ReplyDelete
  21. thanks infonya...nice post

    ReplyDelete
  22. Makasih yow....Moga moga Dengan info ini blogku kebanjiran pengunjung, & blogmu gak cuma banjir tapi ampe tsunami pengunjung. hehe.....

    ReplyDelete
  23. Thanks gan atas masukanya http://software-free-we-dos.blogspot.com/

    ReplyDelete
  24. hem...bagus artikelnya...aku enjoy membacanya...blgoq sampai sekarang masih sedikit pengunjungnya,jadi ilmu di atas akan saya terapkan di blog saya....trims....

    ReplyDelete
  25. siapa yg mau coba ? datangkan 1 jt visitor :
    http://www.fwebtraffic.com/?rid=1291570

    thnks ilmunya bermanfaat bagi blogger lain khususnya bagi saya sendiri..teruslah membuat artikel yang bermanfaat semangat happy blogging..
    bila berkenan saya tunggu kunjungan baliknya di blog jelek saya... thnks sebelumnya

    salam :
    http://o-begitu.blogspot.com/2010/07/bukti-saya-di-bayar-oleh-investamabiz.html

    ReplyDelete
  26. ayo2x knjungi di www.ckksofin.co.cc

    ReplyDelete

Ada pertanyaan serius? Ingin segera dijawab? Silakan ajukan pertanyaan melalui halaman Contact Person atau chat langsung via Telegram app, thank!