May 11, 2009

Blog hilang dari search engine

Wah akhirnya lega juga setelah "BLOGnya Made Gelgel" ini hilang dari belantara SERP (Search Engine Result Page), terutama di google. Padahal kebanyakan pengunjung dari blog ini berasal dari hasil pencarian (padahal pengunjungnya sedikit!, hehehe...). Dari hasil BlogWalking, ternyata banyak juga blogger lain yang mengalami hal seperti ini, dan waktunya pun semuanya hampir sama, maksud saya blog dari blogger tersebut hilang dari hasil pencarian google sekitar 1 bulan setelah blog mereka berkibar, saya juga seperti itu. Apakah ada yang salah? Kemana perginya blog kesayangan saya ini? Apakah google membencinya? Apaka google membenci Made Gelgel? (alah sok!). Saya belum bisa menjawabnya, tapi ada satu hal yang saya tahu dari malapetaka ini, apa itu?

Setelah BlogWakling (blogwalking lagi nih!), saya membaca dari berbagai sumber bahwa blog yang yang hilang dari SERP itu sebenarnya dibawa ke tempat khusus yang kebanyakan orang bilang tempat itu adalah google SandBox. Apakah berbahaya? Menurut saya bisa sangat berbahaya jika tidak ditangani secara cepat dan tepat, karena dapat menyebabkan blog atau website kita hilang selamanya dari seach engine, BAYANGKAN! (makanya saya sebut malapetaka). Seperti yang saya alami, blog ini hilang kira-kira 4-5 hari. Kok bisa muncul lagi? Saya juga tidak bisa menentukan dengan pasti apa yang harus kita lakukan agar blog kita muncul kembali. Yang saya lakukan hanya UpDate. Setelah melakukan UpDate, postingan sebelumnya (Amankan komputer dengan FDGuard) ternyata dapat memunculkan kembali blog ini. Jadi apa yang dapat kita simpulkan?

Menurut saya, ini hanya ujian bagi blogger. Google sedang menguji kita dengan cara menghilangkan blog kita dari SERP. Setelah blog hilang, apakah blogger tersebut rutin UpDate blog atau akan berhenti sama sekali. Ingat ya, itu menurut saya. Ada juga yang bilang google sedang mengalami kerusakan atau sedang diperbaiki, sehinga membuat data mereka berantakan.

Sisi negatif dari malapetaka ini sangat merugikan bagi saya. Bayangkan saja, jika saya mengetikkan judul postingan di google, maka google akan menampilkan home page saja (www.madegelgel.com), bukan URL postingan tersebut. Padahal seperti yang saya katakan tadi, kebanyakan pengunjung dari blog ini berasal dari search engine. Tapi oke lah, namanya juga ujian. Saya sangat yakin dengan rutin UpDate, google tidak akan melakukan hal seperti itu. Walaupun hal itu terjadi, mungkin google sedang ada masalah, yang penting kita selalu rutin UpDate. Saya juga sedikit bangga, kok ada ya yang kasi komentar di blog katrok ini, padahal kemarin hilang dari SERP, hehehe...

Ada tambahan?


19 comments:

  1. sebenarnya hal ini biasa terjadi,karena google setiap saat akan selalu mengupdate data base mereka.mkn karena banyak hal SERP jadi hilang,namun semua bisa di kejar,dengan memperbanyak backlink(http://tiyoavianto.com/2009/04/mencari-blog-dofollow-mencari-page-rank.html).atau permalink dari beberapa blogger.serta update kontent yang teratur setiap beberapa hari secara rutin.

    ReplyDelete
  2. tenang bli, kata pakar sih perbaiki konten dan lakuukan postingan rutin akan mengembalikan kembali kondisi, itu kata pakar yang tak kutip dari artikel mereka, bener apa kagaknya ndak ngerti dah :)

    ReplyDelete
  3. Kok bisa ilang gitu....

    ReplyDelete
  4. wkwkwkwkwk, bareng sik bli, tiyang mase cupu juga kok :D

    coba men suud ngae postingan ping manual bli, bisa ke webnya http://pingomatic.com/ ato di http://www.mypagerank.net/

    biar spider langsung nge-crawl update terbaru ;)

    ReplyDelete
  5. makasih banget buat semuanya :)

    ReplyDelete
  6. iya mas...
    saya sudah baca...
    yang saya tahu memank untuk mengembalikannya harus dengan memperbanyak backlink...
    tp ydah saya lakukan...
    ttp g keluar jg..
    mohon bantuannya mas..

    ReplyDelete
  7. tp ada satu artikel saya yg hilang mas...
    artikel kontes jg sih...
    keywordnya belajar seo para pemula...
    sebelumnya ada di posisi 15...
    apa mank bener2 ditelan sandbox mas??
    mohon bantuan mas..
    saya g tau mau nnya ama cpa lg...
    maklum saya hnya seorang pemula...

    ReplyDelete
  8. @ mengembalikan jati diri bangsa: saya juga pemula kok mas, coba tunggu 1 minggu, lakukan optimasi lagi, sukses ya mas konternya :)

    ReplyDelete
  9. eh maksudnya kontes, hehehehe...

    ReplyDelete
  10. Hha, serem juga yah kalo blog menghilang dari peredaran kemudian muncul lagi.

    ReplyDelete
  11. @ Anak SD: iya serem, blog ini udah pernah kayak gitu

    ReplyDelete
  12. Waduh, sama bli. Webku juga per hari ini hilang. jadi bingung nih.
    Coba tak update lagi kaya sarannya bli made.

    ReplyDelete
  13. wa aq juga lagi ketiban masalah dan masalahnya lebih besar lagi. 200 blog q hilang dari peredaran secara bersama - sama. bingung juga.. kemarin semangat sekarang jadi gimana gitu. tapi aq coba tetep update semoga saja bisa cepat nongol lagi.... salam sukses blogger indonesia

    ReplyDelete
  14. Blog aq hlang..
    Mudahan aj cuman sbntar aj.
    Tmen2 bantu dunk, dgn menjadi visitor.

    ReplyDelete
  15. sama bro, gw mengalaminya tepat saat mengirim komentar ini, ketika mencari judul postingan di blog, namun yang malah muncul alamat utama blog saya :(

    ReplyDelete
  16. Blogku yang hilang, akhirnya kembali lagi, ternyata mudah mengembalikan blog yang hilang dari SERP. Kembali ke posisi 1 atau 2 sesuai keyword bidikan..sekedar sharing, silakan baca pengalaman saya mengatasi blog yang hilang dr SERP Google di sini > Blog Hilang dari SERP Google

    ReplyDelete
  17. kalau yang saya alami, blog saya hilang dari payung mbah google. ketika diketik artikel atau nama saya, justru yg muncul malah blog punya orang yang melink ke blog saya. menyebalkan. blog orang itu jadi naik alexanya kan. setelah hilang dr google, alexa blog saya turun ke 900an ribu. kemudian saya rajin posting, lumayan bisa naik sampai 600an rb. sebelum hilang alexa di 300an. sampai sekarang belum tahu bagaimana mengatasi masalah ini. mau pindah ke dotcom x.

    ReplyDelete
  18. Made tolong donk
    sekarang itu yang saya alami
    yang ada cuman home page saja yang terdeteksi waktu tak cek di serp no 701 itu home pagenya ditambah ada duplicates meta ma mising title tags
    solusinya gimana bli made gelgel

    ReplyDelete
  19. Blog saya juga hilang nih mas. Entah kena sandbox atau kena google dance. bener2 hilang

    ReplyDelete

Ada pertanyaan serius? Ingin segera dijawab? Silakan ajukan pertanyaan melalui halaman Contact Person atau chat langsung via Telegram app, thank!