April 29, 2009

Teknologi yang membantu kita

Makin lama hidup terasa makin mudah. Apa temen-temen merasakan seperti itu juga? Dulu, untuk mengetahui kabar saudara kita yang nun jauh di sono, kita harus sabar menunggu bunyi sepeda pak pos. Bandingakan dengan sekarang, tak berselang lima menit kita sudah bisa mengetahui kabar saudara melalui email. Bayangkan juga orang dulu yang punya pacar lain kota, kalo janjian mau gak mau ya harus sabar nunggu sampai pacarnya datang. Kalo gak ya, PUTUS! Bandingkan dengan sekarang, ti ti tit... 1 SMS diterima, hehehe... Teknologi sekarang ini memang sangat membantu kita di banyak hal, saya sudah merasakan hal itu. Banyak kemudahan yang saya dapat dari perkembangan teknologi. Ada beberapa hal yang sangat membantu saya, entah itu barang elektronik/gadget atau barang yang lainnya, berikut ini adalah beberapa teknologi yang memudahkan kehidupan saya.

Saya urut dari yang paling penting:





KOMPUTER


Bener-bener kesepian rasanya kalo tiap hari gak dapet ngidupin komputer. Walaupun komputer saya termasuk lama (pentium 4), tapi masih bisa membantu saya melakukan banyak hal. Misalnya urusan sekolah. Setiap ada tugas sekolah yang harus diketik, mau gak mau saya harus pake komputer kesayangan saya. Saya mengatakan komputer adalah teknologi yang paling membatu saya karena sebenarnya komputer itu memiliki banyak fungsi, Entah itu main game (sebagai pengganti console), untuk menelpon (pengganti hp), email (pengganti SMS), foto-foto (pengganti kamera), dengerin musik (pengganti mp3 player), mencetak gambar dan masih banyak lagi kemampuan yang dimiliki komputer.



KENDARAAN


Temen-temen udah pasti kan tiap hari naik kendaraan? Entah itu sepeda gayung, sepeda motor, mobil, atau kendaraan umum lainnya. Kendaraan hampir tiap hari membantu kegiatan kita. Bayangkan jika tidak ada kendaraan, bisa-bisa terlambat ke sekolah. Gak masalah kalo sekolahnya deket, tapi kalo sekolahnya jauh? Mau gak mau kita pasti menggunakan kendaraan untuk pergi sekolah atau ke tempat tujuan lainnya.



HAND PHONE

Kayaknya yang satu ini bukan barang mewah lagi deh. Banyak di pasar atau toko yang menjual hp dengan harga terjangkau. Lalu bagaimana peranan hp terhadap saya? Selain untuk menelpon dan SMS, bagi saya hp sangat membantu saya di banyak hal, antara lain: foto, dengerin musik, maen game dan internetan. Memang sangat praktis jika membawa satu alat yang sekaligus bisa melakukan banyak hal, tapi jangan lupa juga bahwa fungsi dari hp itu adalah untuk menelpon. Walaupun bisa melakukan banyak hal, tapi kadang saya rasa merasa dibatasi. Maksudnya hasil yang kita dapat dari hp tidak begitu memuaskan. Misalnya, kamera hp saya cuma 3MP, sudah tentu hasil jepretan dari kamera hp tersebut tidak sebagus kamera beneran. Ingat kembali fungsi hp.



INTERNET

Jujur dulu saya bener-bener gak tahu apa sebenarnya fungsi internet. Beberapa bulan kemudian saya mengetahui kalo internet itu fungsinya untuk membaca surat. Sempat berpikir juga, baca surat kok di depan komputer? Ah dasar orang katrok ya, surat itu tak lain adalah email, hehehe... Satu tahun berlalu, sejak kelas dua SMP saya baru tahu apa itu internet dan seluk beluk internet. Ternyata internet itu sangat membantu hidup saya. Selain untuk refreshing, internet bisa juga kita gunakan untuk mencari informasi yang berkaitan dengan urusan sekolah. Sekarang ini hampir setiap ada tugas sekolah saya selalu menggunakan internet untuk referensi pelajaran sekolah dan menambah wawasan saya. Terlebih lagi jika kita teliti sebenarnya kita bisa mengumpulkan banyak recehan dari internet. Gak percaya? Contohnya blog sepi ini, hehehe...



VGA CARD


Eh jangan salah ya, yang ini bukan cuma pake ngeGAME kok! Tapi pake buat tugas juga. Kadang di sekolah saya diberi tugas untuk membuat desain atau animasi. Berhubung komputer saya jadul, mau gak mau saya harus pasang gadget yang satu ini, biar komputernya gak keok, hehehe... VGA card ATI RADEON yang hanya berkapasitas 128 mb ini sudah lumayan membantu saya. Kenapa lumayan? Yah karena kadang kesel juga main game yang berat terus gambarnya macet. Gimana gak kesel, hehehe...



BLUETOOTH


Minta mp3 donk? Kata itulah yang sering saya dengar dari teman-teman sekolah saya. Teknologi yang satu ini memang memudahkan kita dalam transfer data dengan waktu yang jauh lebih cepat ketimbang dengan infra merah. Bluetooth sering saya gunakan untuk mentransfer foto atau data lainnya dari hp ke komputer saya, tentu saja hal ini jauh lebih praktis daripada menggunakan kabel data. Selain itu, di beberapa pertemuan atau presentasi saya sering menggunakan teknologi bluetooth untuk mengubah hp saya menjadi mouse komputer. Bluetooth benar-benar membuat hidup saya lebih praktis dan kelihatan profesional, hehehe...



FLASHDISK


Masih mendengar kabar disket? Mungkin sekarang ini disket udah menjadi kenangan. Hal itu dikarenakan kapasitas disket yang sangat kecil (1,44Mb). Bayangkan saja jika harus menyimpan presentasi atau tugas sekolah yang lainnya. Bisa-bisa punya disket sampai 1o biji, hehehe... Flash Disk kini sama seperti hp, bukan barang mewah lagi. Selain harganya yang relatif murah, kapasitas Flash Disk juga jauh lebih besar daripada disket. Ukuran Flash Disk yang hanya sebesar dua jari tangan membuat gadget ini praktis dibawa kemana-mana. Masuk tas oke, masuk kantong baju pun oke. Selain itu, Flash Disk jauh lebih praktis daripada CD/DVD ROM karena gadget mungil ini bisa diaplikasikan ke semua komputer. Kelebihan Flash Disk ini membuat pekerjaan kita semakin mudah dan praktis untuk dilakukan di semua komputer.




JOY STICK


Beberapa ahli mengatakan, otak kita memang perlu dimanjakan untuk menghindari stress. Untuk itu, sebaiknya kita lakukan hal yang bisa membuat santai sejenak. Salah satunya adalah bermain game. Bagi beberapa gamer yang tidak puas bermain game menggunakan keyboard, bisa menggunakan joystick untuk memudahkan permainan dan tentu saja tangan kita merasa lebih asyik memainkan joystick daripada memainkan keyboard. Ya, joystick saya masukkan ke dalam kategori gadget yang membantu saya karena hal ini membuat saya lebih relaks ketika main game di komputer dan tentu saja setelah itu otak saya merasa lebih segar dari sebelumnya. Luangkanlah sedikit waktu untuk memanjakan otak kita agar tidak merasa lelah lahir dan bathin. Masa sih muda-muda kok stress? Hehehe...


Kira-kira hanya itulah beberapa teknologi yang sangat berperan dalam hidup saya. Gadget yang saya punya hanya itu, jadi cuma itu yang bisa saya paparkan, hehehe... Maaf kalo ada gambar yang gak jelas. Bagaimana dengan teman-teman yang lain? Apakah mempunyai gadget favorit yang selalu menemani dan membantu pekerjaan teman-teman?


Peserta Kejutan Hadiah dari BLoggerGaul.Com-Tahap 1



2 comments:

  1. wah..keren juga postingnya neh...salam kenal deh ;)

    ReplyDelete
  2. @ supris: salam kenal juga kang, wah kayaknya gak menang kontes nih, huhuhuu :(

    ReplyDelete

Ada pertanyaan serius? Ingin segera dijawab? Silakan ajukan pertanyaan melalui halaman Contact Person atau chat langsung via Telegram app, thank!